Abstract:
Adelia Ananda Pristiwati, 022118090, Analisis Pengukuran Kinerja Usaha Kecil
Menengah dengan Metode Balanced Scorecard (Studi Kasus UKM CV. Mithlabs).
Di bahwa bimbingan Buntoro Heri Prasetya, dan Asep Alipudin. 2022
Pengukuran kinerja UKM CV. Mithlabs yang telah digunakan selama ini
adalah pengukuran aspek kinerja keuangan secara tradisional yang tidak dapat
menggambarkan kinerja UKM CV. Mithlabs secara keseluruhan. Pengukuran kinerja
keuangan hanya menilai kinerja untuk jangka pendek dan tidak memperhitungkan
aset tak kasat mata yang dimiliki oleh UKM CV. Mithlabs. Tujuan dari penelitian ini
adalah (1) Untuk mengetahui bagaimana pengukuran kinerja usaha kecil menengah
dengan menerapkan Perspektif keuangan di UKM CV. Mithlabs (2) Untuk
mengetahui bagaimana pengukuran kinerja usaha kecil menengah dengan
menerapkan Perspektif Pelanggan di UKM CV. Mithlabs (3) Untuk mengetahui
bagaimana pengukuran kinerja usaha kecil menengah dengan menerapkan Perspektif
Proses Bisnis Internal di UKM CV. Mithlabs. (4) Untuk mengetahui bagaimana
pengukuran kinerja usaha kecil menengah dengan menerapkan Perspektif
pertumbuhan dan pembelajaran di UKM CV. Mithlabs.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif.
Variabel yang digunakan adalah perspektif dalam metode Balanced Scorecard yaitu
perspektif pelanggan, perspektif proses bisnis, perspektif pembelajaran dan
pertumbuhan, dan perspektif keuangan. Itu jenis data yang digunakan adalah data
sekunder dan data primer. Metode pengumpulan data adalah wawancara, observasi
langsung (observasi) dan kuesioner dan data perusahaan. Metode analisis yang
digunakan adalah uji validitas dan uji reliabilitas. Metode pengambilan sampel
adalah purposive sampling dan total sampling.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari perspektif keuangan
menunjukkan kinerja yang tidak baik, perspektif pelanggan menunjukkan baik
kinerja perspektif proses bisnis internal kinerja sangat baik, perspektif pertumbuhan
dan pembelajaran menunjukkan kinerja yang baik Namun, secara keseluruhan, dari
hasil keempat perspektif dianalisis menunjukkan bahwa kinerja UKM CV. Mithlabs
dalam kategori baik. Dari hasil analisis faktor diketahui bahwa pelanggan Perspektif
memainkan peran atau dominasi yang paling dominan dalam kinerja UKM CV.
Mithlabs.
Kata Kunci : Balanced Scorecard, Pengukuran Kinerja Perusahaan