Abstract:
JEREMIA 021117112. Hubungan Kualitas Layanan Dengan Kepuasan Konsumen
Koperasi Simpan Pinjam Harian Jaya (Studi Kasus : Nasabah KSP. Harian Jaya). Di
bawah bimbingan HJ. SRI HARTINI dan HASRUL. 2022.
Tujuan penelitian ini untuk menjelaskan apakah terdapat hubungan yang positif antara
kualitas pelayanan dan kepuasan konsumen di KSP. Harian Jaya, selain itu penelitian ini
juga ditunjukan untuk mengetahui kepuasaann nasabah KSP. Harian Jaya mengenai
kualitas pelayanan yang diberikan KSP. Harian Jaya.
Jenis penelitian adalah penelitian asosiatif kausal penelitian yang bertujuan untuk
mengetahui hubungan antara dua variabel atau lebih. Dengan penelitian ini maka akan
dapat dibangun suatu teori yang berfungsi untuk menjelaskan, meramalkan dan
mengontrol suatu gejala. Teknik penelitian yang digunakan adalah statistik kuantitatif
karena penelitian yang dilakukan berhubungan dengan alat statistik untuk mengolah hasil
kuesioner, Pemilihan responden dilakukan dengan metode purposive sampling dengan
total 80 responden berdasarkan rumus slovin. Pengumpulan data dilakukan melalui survey
dan kuesioner dan metode analisis data menggunkan analisis deskriptif.
Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa Kualitas pelayanan yang diberikan KSP. Harian
Jaya terhadap konsumen dianggap baik, karena bisa diliat dari rata-rata hasil tanggapan
konsumen yang memiliki hasil presentasi 81,86 %. Kepuasaan yang diterima konsumen
dari KSP. Harian Jaya mendapatkan hasil dan respon yang baik karena diliat dari rata-rata
hasil tanggapan responden memiliki hasil presentase 83% yang dimana konsumen
menyatakan puas atas pelayanan yang diberikan.
Dan berdasarkan koefisien korelasi indikator kualitas pelayanan dalam membentuk
kepuasan konsumen (Y) bernilai r = 0,745 ini berarti terdapat hubungan yang kuat antara
kualitas pelayanan dengan kepuasan konsumen, dari hasil tersebut dapat dilihat bahwa
terdapat hubungan yang kuat dan positif antara kedua variabel X dan variabel Y yang
artinya semakin tinggi kualitas pelayanan KSP. Harian Jaya maka semakin tinggi pula
kepuasan konsumen, dan dari out put diatas memang terbukti adanya hubungan yang
positif antara kualitas pelayanan dengan kepuasan konsumen, dapat dilihat dari hasil
pengujiannya terdapat korelasi positif yang signifikan (r = sign < α atau ,000 p ≤ 0,01).
Dengan demikian hipotesis yang di ajukan peneliti dinyatakan diterima.
Kata kunci: Kualitas layanan , kepuasan konsumen