Abstract:
RIMBA DASELA TUGA. 021116062 . Skripsi. Manajemen Operasional. Fakultas Ekonomi Dan
Bisnis Universitas Pakuan. Analisis Sistem Antrian Guna Meningkatkan EFISIENSI Pelayanan
Potong Rambut Pada King Cuts Barbershop M Block Space. Di bawah bimbingan: Ketua Komisi
Pembimbing. JAENUDIN Anggota Komisi Pembimbing. TUTUS RULLY 2022.
Sebuah konsep bisnis dapat tercipta seiring munculnya kebutuhan publik. Dalam pelaksanaanya
tentu perlu memperhatikan kualitas sehingga akan menghasilkan keunggulan terhadap produk atau
pun jasa. Sektor bisnis di bidang jasa memiliki keunikan tersendiri karena bentuk yang ditawarkan
bukan merupakan sebuah produk namun sebuah pelayanan. Memberikan pelayanan dan
mendapatkan pelayanan dengan memuaskan merupakan suatu prioritas utama para pemberi jasa
serta penerima jasa. Akan tetapi dalam suatu bisnis global dalam operasinya terdapat bermacammacam keterbatasan sumber daya yang digunakan, terutama terbatasnya sumber daya manusia
sehingga menyebabkan terjadinya antrian dimana pelanggan harus menunggu untuk mendapatkan
pelayanan.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sistem antrian di King Cuts Barbershop M Block
Space, serta melakukan evaluasi untuk meminimalisir antrian yang terjadi guna meningkatkan
pelayanan yang lebih baik kepada konsumen, Pada penelitian ini sumber data yang digunakan
adalah sumber data sekunder yang berasal dari King Cuts Barbershop M Block Space. Metode
analisis yang digunakan adalah sistem antrian dengan menggunakan bantuan perhitungan SPSS
POM QM.
Hasil penelitian ini menunjukan upaya mengoptimalkan waktu pelayanan dan
meminimalisir waktu antrian maka harus melakukan evaluasi kinerja dengan memberikan
tambahan satu barber sehingga King Cuts Barbershop M Block Space memiliki 3 pelayanan. Hasil
simulasi yang dilakukan oleh peneliti dapat menunjukan bahwa dengan adanya penambahan satu
barber yaitu menjadi tiga, maka rata-rata waktu yang dihabiskan oleh pelanggan dalam sistem (Ws)
sudah sesuai dengan standar yang ditetapkan yaitu 10.75 menit. Selain itu hasil tersebut
menunjukan berkurangnya rata-rata waktu yang dibutuhkan oleh pelanggan yang menunggu dalam
sistem antrian (Wq) menjadi 2,715.
Kata Kunci: Sistem Antrian, Efisiensi, Barbershop