Abstract:
Silvia Kusuma Ningrum, NPM 021116066, Hubungan Kualitas Produk Terhadap Keputusan
Pembelian Smartphone Samsung (Studi Kasus Mahasiswa Program Studi Manajemen Fakultas
Ekonomi dan Bisnis Universitas Pakuan), Dibawah bimbingan Hari Muharam dan Fredi Andria, 2021.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kualitas smartphone Samsung, untuk
mengetahui keputusan pembelian smartphone Samsung, dan untuk mengetahui hubungan kualitas
produk terhadap keputusan pembelian smartphone Samsung.
Penelitian mengenai kualitas produk terhadap keputusan pembelian smartphone Samsung
bertempat di Universitas Pakuan Bogor. Jl. Pakuan, Tegallega, Bogor Tengah, PO Box 452 Kota Bogor
16143 Jawa Barat. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kausal dengan metode studi
kasus, dan menggunakan data primer dan data sekunder, dengan jumlah 90 responden. Kemudian
metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, korelasi spearman rank, koefesien
determinasi, dan uji hipotesis koefesien korelasi.
Hasil pengolahan data menunjukan kualitas produk smartphone Samsung cukup baik dan
keputusan pembelian smartphone Samsung kurang baik. Terdapat hubungan kualitas produk terhadap
keputusan pembelian smartphone Samsung, hal ini terbukti bahwa hasil analisis korelasi spearman rank
diperoleh hasil r = 0,551, artinya hubungan kualitas produk dengan keputusan pembelian smartphone
Samsung memiliki tingkat korelasi yang sedang. Hasil analisis koefesien determinasi diperoleh 30,36%
artinya variabel kualitas produk (X) memberikan hubungan terhadap keputusan pembelian (Y) adalah
sebesar 30,36% dan sisanya 69,54% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak dimasukan dalam
penelitian ini. Pada uji hipotesis koefesien korelasi diperoleh nilai thitung > ttabel sebesar 7,498 > 1,291
yang artinya Ho ditolak dan terima Ha. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan kualitas
produk terhadap keputusan pembelian smartphone Samsung (studi kasus mahasiswa Prodi Manejemen
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pakuan). Saran yang diajukan oleh penulis adalah
meningkatkan segi kualitas produk dan mempertimbangkan harga yang ditawarkan kepada konsumen.
Kata Kunci : Kualitas Produk dan Keputusan Pembelan