Abstract:
TARISA BR GINTING. 021118071. Dampak Word of Mouth terhadap keputusan
Pemesanan Gedung Serbaguna Jambur Simalem Cibinong di bawah bimbingan Fredi Andria
dan Doni Wihartika. 2022.
Komunikasi adalah suatu hal yang tidak dapat dihindarkan dari manusia sebagai makhluk
sosial dalam kehidupan sehari-hari. Komunikasi merupakan proses penyampaian pesan yang
dilakukan seseorang kepada orang lain, dengan tujuan memberitahu, merubah sikap atau
prilaku orang tersebut. Seiring perkembangan zaman dan teknologi yang maju persaingan
bisnis yang telah menjadi sangat ketat, hal ini disebabkan oleh banyaknya usaha-usaha yang
bergerak di bidang yang sama sehingga memicu terjadinya persaingan yang menimbulkan
banyak hambatan dan tantangan yang harus dihadapi oleh pelaku bisnis. Salah satu produk
jasa yang menarik saat ini adalah jasa penyewaan gedung untuk berbagai acara dan kegiatan.
Jasa ini banyak digunakan sebagai tempat penyelengaraan acara atau kegiatan formal taupun
nonformal. Penyewaan gedung serbaguna untuk mengadakan berbagai macam acara penting
seperti meeting, pernikahan, dan berbagai macam acara lainnya. Tujuan dari penelitian ini
untuk mengetahui pelaksanaan word of mouth terhadap konsumen gedung Jambur Simalem
dan mengetahui dampak yang diberikan word of mouth terhadap keputusan pemesanan
gedung Jambur Simalem.
Metode penelitian yang digunakan adalah analisis deskriptif, korelasi rank spearman,
kofisien determinan, dan Uji T. Jenis penelitian ini asosiatif, data penelitian dikumpulkan
dengan menggunakan metode purposive sampling, yaitu teknik penentuan sampel dengan
menggunakan pertimbangan tertentu, karena jumlah populasi dalam penelitian ini diketahui
secara pasti maka untuk mengetahui besarnya ukuran sempel yang akan diambil dari
populasi menggunakan rumus Yamane. Penelitian ini menggunakan alat uji SPSS Versi 22
untuk uji validitas, uji reliabilitas, korelasi rank spearman dan uji T. Berdasarkan hasil
pengelolaan data di atas menunjukkan pelaksanaan word of mout pada gedung
serbaguna Jambur Simalem sudah berjalan dengan baik dengan rata-rata
peresentase sebesar 83,7%. hasil penelitian yang telah dilakukan di atas
menunjukkan word of mouth memiliki hubungan yang baik terhadap keputusan
pemesanan Jambur Simalem karena t hitung lebih besar dari t tabelnya. Kekuatan
hubungan yang dimiliki Word of mouth dengan keputusan penyewaan gedung
Jambur Simalem masih berada ditahap cukup baik yaitu dengan skor 0,570, dengan
kontribusi yang masih rendah yaitu sebesar 32,5%.
Kata Kunci : Word of Mouth, Keputusan Penyewaan, Jambur Simalem