Abstract:
ANI SULASTRI. 021117172. Analisis Segmentasi Pasar Dalam Produk Indomie Di
Kecamatan Cibinong Kabupaten Bogor Jawa Barat. Skripsi Prodi Manajemen konsentrasi
Manajemen Pemasaran Fakultas Ekonomi Universitas Pakuan. Di bawah bimbingan ketua
komisi pembimbing Hj. Sri Hartini dan Anggota komisi pembimbing Fredi Andria. 2021.
Perkembangan bisnis makanan saat ini sedang menjadi tren dikalangan pengusaha. Bisnis
makanan yang berpengaruh saat ini adalah yang bersifat instan, efektif dan efisien, salah
satunya adalah mie instan. Terdapat berbagai jenis merek mie instan yang sangat dikenal di
Indonesia antara lain Indomie, Supermie, Mie Sedap dan Sarimi. Salah satu merek yang sudah
tertanam di benak konsumen yaitu Indomie.
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui segmentasi pasar pada produk Indomie dan
peningkatan penjualan produk Indomie.
Jenis penelitian yang digunakan peneliti yaitu deskriptif dengan menggunakan metode
penelitian kuantitatif. Pemilihan responden dilakukan dengan metode non probability
sampling dengan teknik purposive sampling dan total 100 responden berdasarkan rumus
slovin. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan metode analisis data menggunakan
analisis deskriptif. Hasil dari penelitian ini yaitu Bahwa nilai tanggapan responden terendah
diperoleh dari pernyataan mie Indomie cocok dikonsumsi oleh semua usia sebesar 70%.
Karena Indomie sendiri tidak memproduksi mie instan untuk balita. Lalu persentase nilai
tanggapan responden tertinggi yaitu pada pernyataan mie Indomie tersedia di berbagai daerah
sehingga mudah di jangkau sebesar 96,5%. Produk Indomie berhasil membuktikan bahwa
segmentasi pasar pada produknya telah tersebar secara luas.
Berdasarkan analisis harga di Indomaret dan Alfamaret terdapat perbedaan harga Indomie.
Sekitar 100 perak untuk mie Inodmie Soto dan perbedaan banyaknya varian Indomie lebih
banyak di Indomaret. Para pembeli lebih banyak membeli varian rasa yang Indomie Goreng
biasa.