Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi
konsumen yang terdiri dari faktor budaya, sosial, pribadi,dan psikologis terhadap keputusan
pembelian pulsa secara modern. Untuk mengetahui diantara faktor tersebut yang
berpengaruh dominan terhadap keputusan konsumen dalam pembelian pulsa secara modern
atau elektronik. Desain penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Teknik pengambilan
sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah strata sampling dan Instrumen yang
digunakan adalah menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpulan data primer. Data
diperoleh dari 400 responden mahasiswa Unpak yang aktif sebagai usia milenial. Teknik
analisis yang digunakan adalah analisi deskriptif dan tabulasi. Berdasarkan hasil penelitian
dan pembahasan, penelitian ini menyimpulkan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi
keputusan konsumen dalam melakukan pembelian pulsa secara modern atau elektronik,
yaitu: (1) Budaya (2) Sosial (3) Pribadi (4) Psikologis. Dari hasil olah data diketahui yaitu
faktor budaya(X1) 74,3%, faktor sosial (X2) 66,6%, faktor pribadi (X3) 77,5%,dan faktor
psikologis (X4) 75,15%. Dari hasil tersebutdi atas responden dipengaruhi oleh beberapa
faktor tersebut. Dari data tabulasi dapat diketahui bahwa sumbangan terbesar terhadap
keputusan pembelian yaitu faktor pribadi dengan prosentase 77,5%. Adapun indikator
dominanya adalah faktor budaya (sub budaya 75,6 %), faktor sosial (kelompok refrensi
67,2%), faktor pribadi (kepribadian dan konsep diri 85,4%), dan faktor sosial (persepsi
75,9%). Sehingga pertimbangan keputusan pembelian tidak mudah dipengaruhi oleh orang
lain.
Kata Kunci: keputusan konsumen membeli pulsa secara modern, Analisis Faktor