Abstract:
ARIF RAKHA FAUZI. 021115536. Business Model Canvas (BMC) Studi Kasus
Torabika Moka di Wilayah Sukabumi. Dibawah bimbingan FERDISAR ADRIAN dan
ARIE WIBOWO IRAWAN.
Terdapat beberapa faktor yang dapat menyebabkan Torabika Moka di Wilayah
Sukabumi mengalami penurunan penjualan, diantaranya faktor eksternal perusahaan
ataupun faktor internal perusahaan. Oleh sebab itu, penelitian ini berjudul Business Model
Canvas (BMC) Studi Kasus Torabika Moka di Wilayah Sukabumi.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor lingkungan eksternal, faktor
lingkungan internal yang menyebabkan turunnya penjualan Torabika Moka di wilayah
Sukabumi dan untuk mengetahui value proposition dan customer segment dari Torabika
Moka dengan pendekatan Business Model Canvas (BMC). Metode pengolahan data yang
digunakan diantaranya adalah Business Model Canvas (BMC), analisis faktor eksternal,
analisis faktor internal dan matriks IE.
Hasil analisis dari Business Model Canvas (BMC) Torabika Moka di Wilayah
Sukabumi customer segment dari Torabika Moka yaitu masyarakat di 54 kecamatan
Sukabumi yang berumur 16 -50 tahun dengan kondisi perekonomian menengah ke bawah
yang mencari kopi kemasan dengan harga terjangkau, mudah disajikan dan mudah
didapat, baik itu pembeli pemula, penggemar kopi maupun konsumen yang sudah loyal
terhadap Torabika. Maka dari itu, Value proposition yang diberikan Torabika Moka
adalah kualitas kopi moka yang lebih unggul dari kompetitornya dengan harga yang lebih
terjangkau sekitar 8.800 rupiah perkarton dari market leader dan juga Torabika Moka
selalu dijaga availability dan visibility-nya pada setiap customer base di wilayah
Sukabumi. Dan berdasarkan matriks IE, Torabika Moka berada pada kuadran I yaitu
growth and build yang artinya Torabika Moka sedang dalam kondisi bertumbuh dan
berkembang, sehingga langkah strategis yang dapat dilakukan oleh Torabika Moka adalah
Strategi intensif yaitu penetrasi pasar, pengembangan pasar atau pengembangan produk,
atau strategi integratif yaitu integrasi ke belakang, integrasi ke depan atau integrasi
horizontal.
Kata Kunci : Business Model Canvas, Analisis Lingkungan Eksternal, Analisis
Lingkungan Internal, Matriks IE