Abstract:
DENI SAPUTRA. 022116066. Analisis Pengukuran Kinerja dengan Metode Balanced
Scorecard di Puskesmas Bogor Timur Tahun 2017-2019. Pembimbing: ERNADHI
SUDARMANTO dan SIGIT EDY
Pengukuran kinerja Puskesmas Bogor Timur yang selama ini digunakan yaitu
pengukuran dari aspek kinerja keuangan dan ukuran kinerja yang berdasarkan standar yang
ditetapkan oleh pemerintah tidak dapat menggambarkan kinerja Puskesmas secara
keseluruhan. Pengukuran kinerja keuangan hanya menilai kinerja untuk jangka pendek dan
tidak memperhitungkan harta-harta tak nampak yang dimiliki Puskesmas sedangkan pada
standar kinerja yang ditetapkan pemerintah hanya mampu menggambarkan kinerja Puskesmas
yang berkaitan pelayanan yang diberikan Puskesmas. Tujuan dari penelitian ini adalah (1)
Untuk mengetahui kinerja Puskesmas Bogor Timur jika dinilai dengan Balanced Scorecard
dalam perspektif pelanggan. (2) Untuk mengetahui kinerja Puskesmas Bogor Timur jika
dinilai dengan Balanced Scorecard dalam perspektif internal bisnis. (3) Untuk mengetahui
kinerja Puskesmas Bogor Timur jika dinilai dengan Balanced Scorecard dalam perspektif
pertumbuhan dan pemelajaran. (4) Untuk mengetahui kinerja Puskesmas Bogor Timur jika
dinilai dengan Balanced Scorecard dalam perspektif keuangan
Penelitian ini merupakan penelitian Deskriptif dengan pendekatan Kuantitatif.
Variabel yang digunakan adalah perspektif-perspektif yang ada di dalam metode Balanced
Scorecard, yaitu perspektif pelanggan, perspektif proses bisnis, perspektif pembelajaran dan
pertumbuhan dan perspektif keuangan. Jenis data yang digunakan adalah data Sekunder dan
Primer. Metode pengumpulan datanya adalah Wawancara, Pengamatan langsung (observasi)
dan Kuesioner. Metode analisis yang digunakan adalah uji validitas dan uji reliabilitas. Metode
penarikan sampel adalah Purposive Sampling dan Total Sampling.
Hasil penelitian ini menunjukkan dari perspektif pelanggan menunjukkan kinerja yang
sangat baik, perspektif proses bisnis kinerjanya cukup baik, perspektif pembelajaran dan
pertumbuhan kinerjanya diketahui baik, serta perspektif keuangan perspektif keuangan
menunjukkan kinerja yang kurang baik. Namun, secara keseluruhan dari hasil empat
perspektif yang dianalisis menunjukkan hasil bahwa kinerja Puskesmas Puskesmas bogor
timur termasuk dalam kategori cukup. Dari hasil analisis faktor diketahui bahwa perspektif
pelanggan paling berperan atau dominan terhadap kinerja Puskesmas Bogor Timur.
Kata Kunci : Balanced Scorecard dan pengukuran kinerja