Abstract:
Ziehan Hadi, 022117143, akuntansi, akuntansi manajemen. Evaluasi Cost of Revenue
dan Metode Penetapan Harga Jasa dalam Menilai Kinerja Perusahaan pada Bullet Lake
Records. Dibimbing oleh Hari Gursida dan Retno Martanti Endah L. 2021.
Untuk dapat mengetahui bahkan meningkatkan kinerjanya, perusahaan perlu
memperhatikan bahwa biaya dan harga berkaitan erat dengan laba yang akan
diperoleh. Pada perusahaan manufaktur, perhitungan HPP dikenal dengan istilah Cost
of Goods Sold (COGS) sedangkan pada perusahaan jasa perhitungan HPP lebih
dikenal dengan istilah Cost of Revenue (COR). Cost of Revenue (COR) adalah total
dari semua biaya yang dikeluarkan secara langsung dalam memproduksi, memasarkan,
dan mendistribusikan produk dan jasa perusahaan kepada pelanggan. Biaya
pendapatan atau Cost of Revenue harus diidentifikasi dan ditetapkan secara tepat agar
dapat menghasilkan biaya yang akurat, efisien, dan efektif. Penetapan cost of revenue
juga berpengaruh pada penentuan harga jasa. Penetapan harga jasa harus ditentukan
secara tepat, cermat, dan akurat karena jika tidak akan berakibat fatal pada masalah
kinerja keuangan perusahaan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi cost of revenue dan penetapan
harga jasa dalam menilai kinerja perusahaan. Data diperoleh dari wawancara dan
observasi. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Data
dikumpulkan dengan metode dokumentasi yang selanjutnya dianalisis dengan teknik
analisis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan Bullet Lake Records untuk
memenuhi kewajiban atau hutangnya sangat besar. Laba yang diperoleh Bullet Lake
Records juga cukup stabil dan sudah tercapai, namun Bullet Lake Records masih
belum dapat menggunakan asetnya secara baik dan optimal dalam menghasilkan laba.
Selain itu Bullet Lake Records juga cukup baik dalam pengelolaan piutangnya. Namun
setelah melakukan penerapan cost of revenue dan penetapan harga jasa, kinerja
perusahaan mengalami penurunan yang disebabkan terjadinya penurunan harga karena
menggunakan metode standard markup pricing. Oleh karena itu penulis menyarankan
untuk meningkatkan penjualan dengan mencoba mengerjar market baru agar aset tetap
lebih sering berputar dan lebih optimal dalam menghasilkan laba. Perusahaan juga
dapat mengajukan pinjaman untuk mengembangkan usaha.
Kata kunci: Cost of Revenue, Metode Penetapan Harga, Standard Markup
Pricing, Kinerja Perusahaan, Rasio Keuangan