Abstract:
Seny Yuliani. 022118208. Pengaruh Ukuran Perusahaan, Profitabilitas dan Financial
Leverage terhadap Earnings Response Coefficient Pada Perusahaan Manufaktur
Sektor Industri Dasar dan Kimia yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun
2016-2020. Pembimbing: Monang Situmorang dan Abdul Kohar. 2022.
Earnings Response Coefficient merupakan ukuran tentang besarnya return
pasar sekuritas sebagai respon komponen laba tidak terduga yang dilaporkan
perusahaan penerbit saham. Ada beberapa faktor yang dapat memengaruhi Earnings
Response Coefficient antara lain Ukuran Perusahaan, Profitabilitas dan Financial
Leverage. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis pengaruh Ukuran
Perusahaan, Profitabilitas, dan Leverage terhadap Earnings Response Coefficient
pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Dasar dan Kimia yang Terdaftar di
Bursa Efek Indonesia Tahun 2016-2020.
Penelitian mengenai Ukuran Perusahaan, profitabilitas, Financial leverage dan
Earnings Response Coefficient dilakukan di Bursa Efek Indonesia. Subjek dalam
penelitian ini yaitu Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Dasar dan Kimia yang
Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2016-2020. Jumlah sampel yang digunakan
dalam penelitian ini sebanyak 15 perusahaan dengan menggunakan metode
pengambilan sampel dengan teknik purposive sampling. Metode analisis data berupa
analisis kuantitatif dengan menggunakan uji asumsi klasik, analisis regresi berganda,
dan uji hipotesis dengan menggunakan program SPSS25.
Hasil penelitian mengungkapkan bahwa secara parsial Ukuran Perusahaan
tidak berpengaruh terhadap Earnings Response Coefficient, Profitabilitas
berpengaruh terhadap Earnings Response Coefficient, dan Financial Leverage tidak
berpengaruh terhadap Earnings Response Coefficient. Secara simultan, Ukuran
Perusahaan, Profitabilitas dan Financial Leverage tidak berpengaruh terhadap
Earnings Response Coefficient.
Kata Kunci: Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Return on Equity, Financial
Leverage, Debt to Equity Ratio dan Earnings Response Coefficient.