FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS

REPOSITORY SKRIPSI

Analisis Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Daya Saing Hotel Bahtera Pelni Resort And Convention Cipayung Kabupaten Bogor

Show simple item record

dc.contributor.author Adhisty, Devy Febrian
dc.date.accessioned 2022-05-27T06:14:08Z
dc.date.available 2022-05-27T06:14:08Z
dc.date.issued 2022
dc.identifier.uri http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/4875
dc.description.abstract Perkembangan suatu bisnis di Indonesia merupakan salah satu fenomena yang sangat menarik untuk dibahas, utamanya mengenai bisnis industri pariwisata khususnya perhotelan. Pesatnya pertumbuhan bisnis hotel mengakibatkan tingkat persaingan hotel sangat tinggi, sehingga industri perhotelan akan semakin memperkuat strateginya dalam memasarkan hotelnya agar dapat unggul dan dapat bersaing dengan hotel-hotel lainnya. Melihat kondisi saat ini para kompetitor Hotel Bahtera yang semakin banyak dapat menjadi suatu ancaman. Hotel Bahtera yang lokasinya tepat berada di daerah pariwisata, harus lebih meningkatkan kekuatan dalam daya saingnya dan menerapkan atau mempersiapkan strategi pemasaran yang lebih unggul dari para pesaingnya. Akibat adanya pandemi Covid-19 yang belum usai sampai saat ini, menyebabkan Hotel Bahtera mengalami kerugian besar seperti menurunnya tingkat pendapatan (total revenue) dan occupancy. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis lingkungan eksternal dan internal Hotel Bahtera Pelni Resort and Convention, menganalisis tingkat persaingan di Hotel Bahtera Pelni Resort and Convention dan untuk menganalisis penerapan strategi pemasaran yang bisa diterapkan dalam meningkatkan daya saing di Hotel Bahtera Pelni Resort and Convention. Penelitian ini dilakukan di Hotel Bahtera Pelni Resort and Convention Cipayung Kabupaten Bogor. Sampel yang digunakan peneliti ini sebanyak 4 orang, sampel dipilih dengan metode judgement sampling. Metode penelitian ini yaitu penelitian deskriptif eksploratif. Metode pengelolahan data yang digunakan adalah IFE, EFE, IE dan SWOT. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada matriks IFE adalah 3,337 dan EFE 3,407 sehingga jika dipetakan pada matriks IE menunjukan posisi Hotel Bahtera Pelni Resort and Convention berada pada kuadran I (Grow and Build) dengan saran menggunakan strategi intensif yaitu penetrasi pasar, pengembangan produk, dan pengembangan pasar. Strategi penetrasi pasar menjadi strategi yang diprioritaskan untuk Hotel Bahtera Pelni Resort and Convention. Maka dari itu strategi yang dapat dilakukan oleh Hotel Bahtera Pelni Resort and Convention untuk meningkatkan pemasaran Hotel Bahtera tertuang dalam matriks SWOT yaitu strategi SO, WO dan ST yaitu, Hotel Bahtera harus dapat mengembangkan dan meningkatkan promosi yang gencar juga lebih menarik, baik secara online seperti instagram dan youtube dengan memperlihatkan pula fasilitas-fasilitas yang tersedia di Hotel Bahtera Pelni Resort and Convention, selain itu melakukan promosi secara offline seperti menggunakan baliho atau brosur sebagai alat promosi. en_US
dc.description.sponsorship FREDI ANDRIA - SALMAH en_US
dc.publisher Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Pakuan en_US
dc.subject Strategi Pemasaran en_US
dc.subject IFE en_US
dc.subject EFE en_US
dc.subject IE en_US
dc.subject SWOT en_US
dc.title Analisis Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Daya Saing Hotel Bahtera Pelni Resort And Convention Cipayung Kabupaten Bogor en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account