Abstract:
Adanya Digital Marketing merupakan salah satu contoh teknologi informasi di era industri 4.0 yang memberikan keuntungan tetapi juga tantangan bagi para pelaku bisnis untuk mempertahankan pangsa pasar dan memperluas bisnisnya. Melalui digital marketing, para penjual dapat memasarkan produknya lebih mudah. Tanpa tatap muka selama berbelanja online itulah yang menyebabkan konsumen meragukan kebenaran informasi produk, keaslian produk hingga kredibilitas penjual. Jenis penelitian yang digunakan yaitu deskriptif eksplanatory. Penelitian ini menggunakan data kualitatif dengan responden para pengguna internet yang pernah berbelanja produk Scarlett Whitening. Pemilihan responden dilakukan dengan metode proportionate stratified random melalui kuesioner dan wawancara dan metode analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa faktor – faktor digital marketing yang terdiri dari faktor kemudahan, konten, respon, keamanan dan kepercayaan disetujui oleh responden sebagai penyebab mereka melakukan keputusan pembelian menggunakan digital marketing melalui media Instagram. Namun penelitian ini juga menemukan hasil bahwa Mahasiswa/Mahasiswi Universitas Pakuan Bogor terbukti digital marketing ini dapat memberikan informasi dan memenuhi kebutuhan dengan kualitas yang disajikan namun ketidakpercayaan Mahasiswa/Mahasiswi masih cukup tinggi sebesar 78,8%.