FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS

REPOSITORY SKRIPSI

Analisis Strategi Pemasaran Frozen Food (Studi kasus CV.Sakana)

Show simple item record

dc.contributor.author Nurjanah, Siti
dc.date.accessioned 2022-05-23T06:48:37Z
dc.date.available 2022-05-23T06:48:37Z
dc.date.issued 2021
dc.identifier.uri http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/4724
dc.description.abstract Zaman yang semakin berkembang banyaknya perempuan memiliki kesibukan diluar dan berubahnya pola hidup yang dimana manusia membutuhkan makanan beku yang menjadi kebutuhan, sangat membantu bagi masyarakat untuk mempermudah. Maka CV.Sakana ini mengeluarkan produk makanan beku berupa nugget, sosis, ikan, daging sapi, daging ayam dan lain-lain. Tujuan penelitian untuk memperoleh data dan informasi dari CV.Sakana tentang hal-hal yang berhubungan dengan strategi pemasaran untuk meningkatkan daya saing khususnya pada Frozen Food yang penjualan dan pendapatannya mengalami penurunan dalam 1 tahun terakhir dan pengaplikasian strategi yang tepat untuk memecahkan masalah yang ada pada CV.Sakana. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian deskriptif eksploratif dengan jenis data kualitatif berupa studi kasus mengenai analisis strategi pemasaran pada CV.Sakana. Adapun metode pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi langsung, dan pengumpulan data sekunder dan primer. Hasil analisis strategi pemasaran CV.Sakana berdasarkan hasil analisis EFE diperoleh faktor peluang dengan nilai tertinggi adalah bertambahnya potensi pasar sebesar 0,6222. Sedangkan pada faktor ancaman yang paling tinggi adalah pertumbuhan perang harga 0.6984. Berdasarakan matriks IFE diperoleh faktor kekuatan tertinggi adalah mempunyai produk yang ditawarkan beragam dengan nilai sebesar 0,7718 sedangkan dari skor pada faktor kelemahan tertinggi adalah manajemen perusahaan masih sederhana dengan nilai sebesar 0,1712. Berdasarkan matriks IE, CV. Sakana berada pada kuadran II yaitu adalah growth and build. Berdasarkan matriks SWOT, CV.Sakana dapat strategi yaitu dengan melakukan penetrasi pasar, melakukan inovasi produk, memulai penjualan secara online serta memperbaiki kualitas kinerja karyawannya dan meningkatkan kualitas serta kuantitas produksinya. Berdasarkan Matriks SWOT, strategi SO yaitu bertujuan untuk mempermudah konsumen membeli produk dan menjamin kualitas terhadap produk yang ditawarkan mendapatkan lebih banyak konsumen, strategi WO yaitu bertujuan untuk pengoptimalkan pemasaran produk dan mengeftikan dana dan sarana produksi, memperkecil kelemahan- kelemahan internal perusahaan dengan memanfaatkan peluang-peluang eksternal dan meningkatkan inovasi dalam penampilan produk. Startegi ST yaitu dengan membuat produk berkualitas dan harga yang ekonomis agar dapat bersaing dengan produk subtitusi serta dapat bersaing dengan kompotitor. Strategi WT yaitu melakukan mengefektifkan kegiatan produksi, dan memperbaiki kualitas dan keterbatasan SDM agat agar tidak khwatir dengan ancaman pendatang baru. Berdasarkan Matriks SPACE posisi CV.Sakana berada pada posisi II CV.Sakana berada pada posisi kompetitif. en_US
dc.description.sponsorship Sri Hartini en_US
dc.publisher Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Pakuan en_US
dc.subject Strategi Pemasaran en_US
dc.subject EFE & IFE, IE, SWOT, SPACE en_US
dc.title Analisis Strategi Pemasaran Frozen Food (Studi kasus CV.Sakana) en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account