Abstract:
Kinerja karyawan erat kaitannya dengan kepuasan kerja. Karena kepuasaan kerja karyawan dapat menentukan tingkat kinerja karyawan yang tinggi maupun rendah. Adanya tingkat kepuasan kerja diharapkan dapat meningkatkan kinerja karyawan, sehingga dapat mencapai tujuan yang diharapkan oleh perusahaan dapat memperoleh hasil kerja yang baik dalam menghasilkan kinerja yang optimal.
Penelitian ini dilakukan pada Fave Hotel Margonda Depok. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dan verifikatif dengan menggunakan metode penelitian Explanatory Survey. Metode penarikan sampel pada penelitian ini menggunakan sensus (sempel jenuh). Karena peneliti mengambil keseluruhan karyawan sebanyak 50 orang karyawan pada Fave Hotel Margonda Depok. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa rata-rata empirik kepuasan kerja berdasarkan pertanyaan yang bisa dijawab rata-ratanya adalah 64,52 dengan total skor 3226. Bedasarkan hasil tersebut maka di ketahui skor rata-rata empirik sebesar 64,52 dan skor rata-rata teoritik sebesar 45. Skor rata-rata empirik lebih besar dibandingkan dengan skor teoritik dengan nilai 64,52 > 45, maka dapat di artikan rata-rata jawaban responden atas pertanyaan pada instrumen kepuasan kerja (X) yaitu artinya realitif baik.