Abstract:
Harga merupakan salah satu sasaran marketing mix yang digunakan perusahaan
untuk mencapai sasaran pemasarannya, keputusan mengenai harga harus dikoordinasikan
dengan keputusan-keputusan mengenai desain produk, distribusi dan produksi. Penetapan harga merupakaan salah satu strategi yang sangat penting bagi manajemen perusahaan. Harga yang ditetapkan harus dapat menutup semua biaya, atau bahkan lebih dari itu, yaitu untuk mendapatkan laba. Di dalam menetapkan harga, perusahaan harus mempertimbangkan sifat persaingan yang terjadi di pasar karena apabila menetapkan harga yang salah, hal ini akan mengakibatkan bahaya bagi kelangsungan hidup perusahaan yang bersangkutan.
PT. Elang Perdana Tyre Industri, Tbk. dalam menetapkan harganya menggunakan
metode Cost-Plus Pricing atau penetapan harga berbasiskan biaya, dimana perusahaan menghitung keseluruhan biaya-biaya yang terjadi dalam proses produksi ditambah mark up dan juga tarif cukai yang berlaku, yang kesemuanya dibebankan kepada konsumen. Satu manfaat dari cost-plus pricing adalah kemudahannya dalam penerapan, selain itu cara semacam ini juga akan mendorong tewujudnya stabilitas harga karena sebagian besar pesaing akan mencapai pada harga jual yang sama.
Persaingan merupakan salah satu masalah yang dihadapi oleh PT. Elang Perdana
Tyre Industri, Tbk, dalam usaha untiik meningkatkan penjualan. Pesaing PT. Elang Perdana Tyre Industri, Tbk. adalah PT. Good Year Indonesia Tbk. yang memiliki pilihan produk ban lebih banyak dari produk PT. Elang Perdana Tyre Industri, Tbk., namun ban good year rata rata memiliki compound yang lunak, jika dipakai di aspal akan mudah terkikis karena suhu yang terlalu panas.
Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi penetapan harga yang dilakukan oleh PT. Elang Perdana Tyre Industri, Tbk., Untuk mengetahui tingkat penjualan ban pada PT. Elang Perdana Tyre Industri, Tbk. dan untuk mengetahui pengaruh strategi penetapan harga terhadap peningkatan penjualan ban vredestein padaPT. Elang Perdana lyic Industri, Tbk.
Penelitian ini dilakukan di PT. Elang Perdana Tyre Industri, Tbk. yang bergerak dalam bidang industri ban. Jenis penelitian adalah Deskriptif (Eksploratif) dengan metode penelitian adalah Studi Kasus, yaitu penelitian tentang status subjek penelitian yang berkembnag dengan suatu fase spesifik atau khas dari keseluruhan personalitas seperti halnya peranan strategi penetapan harga dalam meningkatkan penjualan yang penulis
ambil sebagai objek penelitian dan sebuah personalitas yaitu perusahaan dengan teknik penelitian yang digunakan adalah Statistik Kuantitatif. Metode analisis yang digunakan yaitu analisis regresi berganda, korelas serta uji hipotesa.
Secara keseluruhan biaya strategi penetapan harga diberlakukan maka pengaruhnya akan meningkatkan Jumlah ban yang terjual oleh perusahaan sebesar 0,68 Jt.