FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS

REPOSITORY SKRIPSI

Strategi Daya Saing Pasar Semi Modern Cicurug Kabupaten Sukabumi Melalui Penerapan Digital Disruption Dengan Analythical Hierarchy Process

Show simple item record

dc.contributor.author Nursanti, Sri
dc.date.accessioned 2022-03-29T06:46:20Z
dc.date.available 2022-03-29T06:46:20Z
dc.date.issued 2021
dc.identifier.uri http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/3980
dc.description.abstract Stigma buruk pada Pasar Semi Modern Cicurug, mengakibatkan sebagian dari para pengunjung mencari alternatif tempat belanja lain. Manajemen pasar yang ada belum mampu mengantisipasi perubahan yang terjadi dimasyarakat. Keberadaan ritel modern seperti Indomart, Alfamart, Mitra Toserba dan Ritel-ritel modern lain yang menyaingi Pasar Semi Modern Cicurug. Munculnya beberapa model bisnis baru seperti e-commerce, dan market place sehingga konsumen beralih belanja dari konvensional ke digital. Akses belanja digital yang lebih mudah, menyebabkan pendapatan pajak retribusi pasar menurun karena banyak toko, kios dan los menutup gerai, sehingga pasar menjadi sepi pengunjung, berpindahnya konsumen dari pasar semi modern, ke pasar modern dan pasar digital, sedangkan para pedagang Pasar Semi Modern Cicurug, belum mampu masuk ke pasar digital, walaupun dengan hadirnya pasar digital para pedagang menyadari konsumennya menjadi berkurang dan menyebabkan banyak potensi pasar seperti kios, los, toko tutup. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk menganalisis faktor-faktor internal Pasar Semi Modern Cicurug. (2) Untuk menganalisis faktor-faktor eksternal Pasar Semi Modern Cicurug. (3) Untuk membuat formulasi strategi daya saing Pasar Semi Modern Cicurug mengunakan matrik SWOT. (4) Untuk membuat formulasi strategi daya saing prioritas Pasar Semi Modern Cicurug menggunakan analythical hierarchy process. Penelitian ini dilakukan di Pasar Semi Modern Cicurug Kabupaten Sukabumi. Sampel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 4 orang expert pasar. Sampel dipilih dengan metode judgement sampling. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif eksploratif. Data diuji dengan menggunakan Analythical Hierarchy Process. Hasil perhitungan IFE adalah 3,093 dan EFE adalah 2,82975 sehingga perusahaan berada pada kuadran IV pada matrik IFE dan EFE dengan saran penggunaan strategi diversivikasi yang meliputi: strategi diversikasi horizontal dan strategi diversivikasi konsentris. Pembobotan dengan menggunakan metode AHP menunjukan bahwa strategi yang paling tinggi nilai nya adalah strategi (SO) yaitu: (1,362788), jika dibandingkan dengan strategi yang lain yakni (ST) (0,829688), (WO) (0,228164), (WT) (0,8038),) sehingga dipilih strategi (SO) yakni: Optimalisasi Pembangunan dan revitalisasi pasar semi modern dengan dilengkapi kemudahan akses bagi pengunjung maupun pedagang untuk berbelanja dan berdagang secara digital. en_US
dc.description.sponsorship Sri Hartini - Fredi Andria en_US
dc.publisher Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Pakuan en_US
dc.subject Strategi Daya Saing en_US
dc.subject Pasar Semi Modern en_US
dc.subject SWOT en_US
dc.subject AHP en_US
dc.title Strategi Daya Saing Pasar Semi Modern Cicurug Kabupaten Sukabumi Melalui Penerapan Digital Disruption Dengan Analythical Hierarchy Process en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account