Abstract:
Investasi adalah penempatan dan pada berbagai assets untuk mendapatkan hasil
pengembalian dimasa depan secara optimal. Investor selalu mencari altematif
investasi yang memberikan return tertinggi dengan tingkat risiko tertentu. Dalam
melakukan investasi di pasar modal, baik dalam bentuk saham, obligasi ataupim
lainnya, investor umumnya melakukan serangkaian analisis tentang investasi yang
akan dilakukannya.Untuk melakukan investasi dalam bentuk saham diperlukan
analisis untuk mengukur nilai saliam, yaitu analisis fundamental dan analisis
teknikal. Di samping analisis fundamental, investor harus memperhatikan risiko
pasar saham dalam investasi saham. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
pengaruh dari Analisis Fundamental terhadap harga saham perusahaan pada
sektor Industri Telekomunikasi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia baik
secara simultan maupun parsial.
Dalam penelitian ini menggunakan industri Telekomunikasi yang terdaftar di BEI
sebagai objek penelitian. Peneliti menganggaplndustri Telekomunikasi memiliki
kontribusi yang relatif besar terhadap perekonomian. Studi terbaru lembaga
penelitian ROA (Research On Asia) Group mengungkapkan perkembangan pasar
ponsel Indonesia yang terus tumbuh pesat. Indonesia Telah menempati peringkat
ketiga pasar ponsel terbesar di Asia setelah Cina dan India. Dari dapat tersebut di
atas dapat kita lihat bahwa industri Telekomunikasi memiliki kontribusi yang
relatif besar terhadap perekonomian negara.
Hasil penelitian menunjukkan faktor fundamental secara simultan, semua faktor
fundamental {Return On Asset Ratio, Return On Equity, Earning per Share, Price
Earning Ratio dan Price to Book Value ) tidak berpengaruh terhadap harga
saham. Hal ini disebabkan nilai probability yang lebih besar dari tingkat
signifikan yaitu 0,014 (0,014 > 0,05) berarti dapat disimpulkan bahwa tidak
terdapat pengaruh yang signifikan dari ROA, ROE, EPS, PER dan PBV terhadap
Harga Saham secara simultan.
Pembentukan harga saham tidak terlepas dari infoimasi akimtansi, walaupim
sebenarnya pembentukan harga saham merupakan judgment of moment dari para
penjual atau pembelinya. Oleh karena itu pemsahaan harus memikirkan faktorfaktor
internal dan external yang dapat mempengaruhi kenaikan harga sahamnya