Abstract:
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui metode penetapan harga dan
saluran distribusi yang dilakukan oleh PT. Wifa Mandiri Perkasa. Untuk mengetahui hasil
penjualan pada PT Wifa Mandiri Perkasa. Untuk mengetahui pengaruh metode penetapan
harga dan saluran distribusi terhadap hasil penjualan PT. Wifa Mandiri Perkasa.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan jenis
penelitian deskriptif. Dengan metode penelitian explanatory survey dan teknik penelitian
statistic analisis kuantitatif.
Hasil penelitian yang didapat dengan menggunakan persamaan regresi linear
berganda adalah Y =70,640.98 + 0.0035Xx+ 0.4665X2 + O.O254X3. Dimana Y adalah hasil
penjualan, X| adalah metode penetapan harga oli, X2 adalah metode penetapan harga ban,
dan X3 adalah saluran distribusi.
Jika harga jual oli TOTAL QUARTZ 7000 SAE I0W40 API SN dinaikan 100
satuan hitung, akan menaikkan hasil penjualan sebesar 0.3S. Dengan koefisien korelasi
sebesar 0.49SS, yang artinya korelasinya sangat kuat dan positif. Kenaikan atau
penurunan penetapan harga oli sediah atau sejalan dengan kenaikan dan penurunan hasil
penjualan.
Untuk harga jual ban 225 - 17 NR72 jika dinaikan 100 satuan maka akan
meningkatkan hasil penjualan sebesar 46.65. Koefisien korelasinya sebesar 2.302, yang
artinya korelasinya sangat kuat dan positif. Kenaikan atau penurunan penetapan harga
ban searah atau sejalan dengan kenaikan dan penurunan hasil penjualan
Begitu juga dengan saluran distribusi, jika dinaikkan 100 satu satuan hitung
akan meningkatkan hasil penjualan sebesar 2.54. Nilai Koefisien korelasi (R) sebesar
0.4795, yang artinya korelasinya positif dan sangat kuat. Kenaikan saluran distribusi
searah atau sejalan dengan peningkatan hasil penjualan.
Jadi penetapan harga ban, oli dan saluran distibusi memberikan pengaruh yang
positif dan kuat terhadap hasil penjualan.