Abstract:
Persaingan yang ketat membuat penjualan properti tidak kompetitif, naik turun
setiap tahunnya. Maka untuk mengatasi hal ini PT. Green Hill Garden Bogor menerapkan
strategi promosi penjualan dan penjualan pribadi yang baik agar diharapkan dapat
memberikan kepuasan kepada pelanggan yang dapat mempengaruhi terhadap penjualan
perusahaan tersebut. Promosi penjualandan penjualan pribadi merupakan kegiatan yang
dilakukan oleh perusahaan untuk mendorong konsumen agar dapat membeli rumah yang
ditawarkan. Penjualan pribadi merupakan bentuk persentasi secara lisan dengan satu atau
lebih calon pembeli dengan tujuan melakukan penjualan. Dalam persentasi terjadi
interaksi langsung antara seller dan calon pembeli.
Kegiatan-kegiatan ini dapat berupa peragaan, pameran, demonstrasi, hadiah,
contoh barang, dan sebagainya. Hal ini dimaksudkan tidak lain untuk membujuk,
memberitahu dan mempengaruhi perilaku konsumen agar dapat membeli terhadap barang
atau jasa yang ditawarkan. Dilihat dari segi perkembangan zaman terjadi peningkatan
sangat pesat pada pasar modem yaitu mall. Maka suatu perusahaan harus mempunyai
pemasaran dan promosi penjualan yang baik untuk memenangkan persaingan dengan
perusahaan lain.
Tujuan dari penelitian ini adalah Mengetahui kegiatan Promosi Penjualan (Sales
Promotion) rumah pada PT. Green Hill Garden. Mengetahui kegiatan Penjualan Pribadi
(personal selling) rumah pada PT. Green Hill Garden. Untuk mengetahui tingkat
penjualan rumah pada PT. Green Hill Garden.Mengetahui peranan promosi penjualan
(salespromotion) dan penjualan pribadi (personal selling) dalam meningkatkan penjualan
rumah pada PT. Green Hill Garden.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan
metode kualitatif survey adalah metode yang bertujuan untuk menguji hipotesis, yang
umumnya merupakan penelitian yang menjelaskan fenomena dalam bentuk hubungan
antara variabel. Sedangkan teknik penelitian yang digunakan adalah statistik kuantitatif
dengan menggunakan metode perhitungan SPSS.
PT. Green Hill Garden adalah Group dari PT. Cowell Development Tbk.
Pengembang Perumahan yang sudah mengembangan beberapa perumahan di
JABOTABEK dan Luar Jabotabek diantaranya Cinere Mas di Jakarta Selatan, Melati
Mas Residance, Serpong Park, Serpong Terrace di Serpong, Bukit Mas di Bintaro, Bukit
Mas Surabaya, Ciater Riung Rangga Di Ciater Subang Jawa Barat, Borneo Paradiso
Balikpapan untuk di Bogor sendiri Manajemen mengembangkan perumahan yang
diantaranya Puri Mas dan Billabong Park View. Berdasarkan pada tabel diketahui
variabel (Xi) sebesar Rp. -261, (Xj) sebesar Rp 94.260 dan Y sebesar 94.260. Dari hasil
perhitungan SPSS dapat diperoleh dengan nila F hitung > F tabel (57.447 > 000), maka
Ho ditolak, artinya ada pengaruh secara signifikan antara promosi penjualan (X|) dan
penjualan pribadi (X2) terhadap tingkat penjualan (Y). Jadi dapat disimpulkan bahwa
ppromosi penjualan (X|) dan penjualan pribadi sangat berpengaruh terhadap tingkat
penjualan (Y).