Abstract:
Ramalan penjualan merupakan salah satu bahan informasi yang penting dalam
menyusun rencana produksi, ramalan penjualam juga merupakan titik permulaan yang
sangat berguna untuk perencanaan produksi dalam upaya menentukan voliune produksi
Maksud penelitian ini a^ah untuk memperoleh data dan informasi gona
menganalisis ramalan penjualan dalam menentukw jumlah produksi guna akurasi
perencanaan produksi. Ad^un tujuan yang ingin di capai dalam penelitian ini adalah
imtuk mengetahui ramalan penjualan yang dilakukan oleh perusahaan dan untuk
mengetahui akurasi perencanaan produksi dalam menentukan jumlah produksi dragan
metode trend least square pada CV. Busubul Paving Block.
Prosedur pengumpulan data yang penulis lakukan adalah dengan komunikasi
secara langsung atau wawancara dengan subjek penelitian melalm bagian produksL Data
yang penulis dapat adalah data primo* yang dihasilakan dari wawancara dan data
sekunder yang berupa data penjualan dari tahun 2002 sampai dengan tahun 2007 (
triwulan satu). Adapun metode yang yang digunakan penulis adalah metode trend least
square.
CV. Busubul Paving Block dalam melaksanakan produksinya terlebih dahulu
melakukan suatu peramalan permintaan dari konsumen untuk menentukan perencanaan
produksi selanjutnya. Adapun langkah-langkah yang di lakukan oleh perusahaan dalam
melakukan peramalan penjualan yaitu dengan cara mengumpulkan data-data dan kgadian
pada masa lalu serta berdasarkan pengalaman.
Walaupun CV. Busubul Paving Block dalam merencanakan perencanaan
produksinya berdasarkan pesanan tetapL perusahaan ini masih melakukan ramalan tentang
k£q>asitas produksi yang menguntungkan, pesanan-pesanan yang tidak meru^kan, jumlah
bahan baku yang tersedia, peralatan dan Iain-lain sehingga ramalan penjualan masih
diperlukan untuk menentukan besaran produksi.
Tujuan yang diharapkan oleh CV. Busubul Paving Block dari ramalan penjualan
adalah untuk meningkaikan peranan bagian perencanaan produksi dalam upaya untuk
memperoleh jumlah produksi atau besaran produksi yang tepat untuk diprodusikan dalam
setiap periode tertentu, dimana melalui perencanaan produksi yang akurat nantinya akan
memberikan keuntungan bagi perusahaan, sdiingga apa yang menjadi tujuan perusahaan
dapat tercapai.
Dari hasil perhitungan analisis ramalan penjualan yang dilakukan dengan
menggunakan metode trend least square diketahui bahwa ramalan pmjualan untuk tahun
2007 tiwulan n adalah sebesar 12927.88 meter, triwulan m adalah sebesar 13038.67
meter, triwulan IV adalah sebesar 13149.46 meter dan untuk tahun 2005 triwulan I adalah
sebesar 13260.25 meter.
Un^ mengetahui akurasi dari metode yang digunakan oleh perusahaan maka
dari hasil p'l^diitungan diketahui bahwa kesalahan rata-rata (MAE) sebesar -38.08,
kesalahan deviasi absolut rata-rata (MAD) sebear 2242.12, kesalahan kuadrat rata-rata
(MSE) sebesar 10485288.34, dan kesalahan persentase absulot rata-rata ^lAPE) sebesar
19.91.
Sedaiigkan setelah dilakukan peihitungan dengan men^unakan metode trrad
least square kesalahan bias peramalan menjadi berkurang yaitu dengan kesalahan rata rata (MAE)-^sebesar 0, kesalahan deviasi absolut rata-rata (MAD) sebesar 995.42,