Abstract:
Periklanan dewasa ini merupakan usaha bisnis yang besar. Banyak organisasi menggunakan periklanan untuk aneka macam keperluan. Periklanan telah menjadi perangkat kegiatan yang perlu. Orang yang terlibat di dalamnya pun semakin banyak, baik dalam griya produksi maupun dalam biro jasa periklanan. Iklan sama dengan komunikasi. Mengalamatkan pesan kepada khalayak yang benar sebagai salah satu halnya yang utama. Disini dapat kita lihat arti pentingnya pemilihan media yang tepat untuk digunakan dalam kegiatan periklanan. Karena dengan pemilihan media yang tepat diharapkan akan dapat meningkatkan citra perusahaan dan secara tidak langsung dapat meningkatkan nilai penjualan produk suatu perusahaan. Tertarik pada persoalan yang sering dihadapi perusahaan dalam menangani masalah periklanan, mendorong penulis untuk menyusun skripsi dengan pokok pembahasan Manajemen Pemasaran khususnya masalah mengenai media iklan dengan judul skripsi "Peranan Media Iklan Dalam Meningkatkan Nilai Penjualan". Penelitian diadakan di PT.TATO yang berlokasi di Jin Raya Jakarta Bogor Km 47,4 Nanggewer - Cibinong Bogor. Dalam penelitian ini digunakan metode penelitian kepustakaan dan penelitian lapangan. Pokok pembahasan yang penulis kemukakan yaitu mengenai : 1. Bagaimana pelaksanaan pemasangan media iklan di PT.TATO ? Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa pelaksanaan pemasangan media iklan di PT.TATO mempunyai beberapa ketentuan untuk diperhatikan yaitu memilih penempatan lokasi, pemberian cahaya terhadap media iklan, menentukan model gambar dan menjmsun pesan iklan yang lebih spesifik dalam memperkenalkan hasil produk, menentukan media iklan yang sesuai serta menentukan biaya pajak dan perijinan pemasaran ke PEMDA setempat. 2. Apa kendala yang dihadapi oleh PT. TATO dalam pelaksanaan pemasangan media iklan ? Adapun kendala yang dihadapi yaitu adanya vandalisme ( pengrusakan ) , jadwal pemasangan dimajukan, tidak tersedianya aliran listrik di lokasi, terjadi bencana alam, lokasi penempatan pemasangan dibawah jalur kawat aliran listrik tegangan tinggi, keterlambatan pengiriman bahan baku, pemadaman listrik yang tiba-tiba dan terjadinya kerusakan mesin. 3. Sampai sejauh mana peranan media iklan dalam meningkatkan nilai penjualan di PT.TATO? Untuk mengetahui sampai sejauh mana peranan media iklan dalam meningkatkan nilai penjualan di PT. TATO maka dipergunakan perhitungan statistik regresi linier dan koefisien korelasi dengan metode least squares. Dari analisa data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa : 1. Perhitungan dengan menggunakan analisa regresi didapat persamaan Y' = 353 + 6 X dimana setiap kenaikan atau penurunan biaya iklan yang dikeluarkan perusahaan akan mempengaruhi kenaikan atau penurunan nilai penjualan sebesar 6. 2. Dengan hasil koefesien korelasi yang diperoleh sebesar r = 0,8880 memberikan gambaran bahwa terdapat hubungan yang erat antara peranan media iklan yang dilakukan oleh PT. TATO dengan peningkatan nilai penjualan. 3. Dengan menguji keeratan hubungan antara pelaksanaan pemasangan media iklan dengan peningkatan nilai penjualan di dapat t hitung = 5,4613 , sedangkan t tabel = 2,306 maka Ho ditolak dan Hi diterima, hal ini menunjukkan bahwa benar terdapat hubungan yang erat dan positif antara peranan media iklan dalam meningkatkan nilai penjualan. Saran yang dapat penulis kemukakan antara lain yaitu : 1. Dalam mengatasi masalah pemadaman listrik yang tiba-tiba, sebaiknya PT. TATO membeli sebuah generator atau diesel yang kapasitasnya mampu untuk mencukupi atau mensuplai daya listrik yang terpakai. 2. Agar keselamatan para pekerja terjamin dan dapat bekerja secara profesional, sebaiknya PT. TATO membeli mobil krane / mobil forklift ( mobil katrol) yang dapat mencapai ketinggian minimal 30 m dan maksimal 50 m. 3. Diharapkan dalam pembuatan dan pemasangan konstruksi tiang pemancang billboard/poster/reklame harus dihitung kekuatan beban dan tekanan angin di lokasi. Hal ini dimaksudkan agar tidak mudah jatuh ( ambruk ) sehingga membahayakan masyarakat. 4. Agar tidak terjadi penurunan nilai penjualan seperti dua tahun terakhir (1996- 1997), sebaiknya PT. TATO mengadakan seminar dengan mengundang seluruh pengusaha dan rekanan untuk menjelaskan mengenai keunggulan produk yang dihasilkan. Sehingga pengusaha dan rekanan tertarik untuk membeli produk yang ditawarkan.