Abstract:
Situasi perekonomian Indonesia sedang berkembang dengan pesatnya, hal ini akan berakibat terjadinya aktivitas yang komplek diantara perusahaan dalam menciptakan dan memasarkan produk dalam menciptakan dan memasarkan ruang lingkup pasar yang terbatas. Semakin banyak produk yang dihasilkan oleh setiap perusahaan dengan berbagai macam kualitas dan kuantitasnya, maka para konsumen juga semakin bebas melakukan pilihan atas produk yang dihasilkan perusahaan. Produk dan bisnis pengganti harus ditemukan agar dapat mempertahankan atau meningkatkan penjualan. Tindakan atau keputusan untuk mengadakan pengembangan produk adalah sangat penting, baik dengan cara modifikasi maupun dengan mengeluarkan produk baru. Industri ban adalah suatu produk yang mempunyai peranan terhadap bidang usaha otomotif, dimana pada saat ini dunia otomotif sangat berkembang begitu pesat. Kebutuhan akan produk ban yang dihasilkan oleh PT. Goodyear Indonesia, disamping untuk memenuhi kebutuhan pasar dalam negeri, juga untuk memenuhi permintaan pasar internasional. PT. Goodyear Indonesia yang memproduksi ban guna memenuhi kebutuhan bidang otomotif khususnya jenis kendaraan penumpang yang kian berkembang berarti kebutuhan masyarakat konsumen terhadap produk ban meningkat, dimana setiap konsnmen keinginan dan seleranya berbeda-beda, untuk itu perusahaan tersebut hams memperhatikan selera konsumen sebaik-baiknya yaitu dengan strategi pengembangan produk. Disamping untuk memenuhi kebutuhan konsumen juga untuk menghindari pesaing dari perusahaan sejenis yang pada akhimya akan meningkatkan penjualan pada perusahaan tersebut. Maksud dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan data dan informasi serta mencoba menerapkan hubungan antara ilmu yang didapat dengan metode yang digunakan perusahaan dalam pelaksanaan pengembangan produk dan pengaruhnya terhadap volume penjualan. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui sampai sejauh mana pengembangan produk yang dilaksanakan perusahaan dapat meningkatkan volume penjualan dan untuk mengetahui hasil akhir dari rangkaian proses pengembangan produk yang dilakukan oleh perusahaan. Hipotesis penelitian ini bahwa peranan pengembangan produk sangat erat hubungannya dengan peningkatan penjualan pada PT. Goodyear Indonesia. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah penelitian langsung yaitu teknik observasi, wawancara serta daftar pertanyaan dan studi kepustakaan yaitu data dari buku literatur. Hasil yang diperoleh dari pengembangan produk PT. Goodyear Indonesia dalam peningkatan volume penjualannya menunjukkan hasil perhitungan dalam analisa regresi linier nilai b adalah 26,92. Sedangkan nilai a adalah 2026,27, sedangkan perhitungan korelasi adalah sebesar r = 0,93 yang berarti mendekati angka 1, dan koefisien determinasinya diperoleh 86,49 %, dan uji hipotesa adalah sebesar + 3,182 dan th 4,46. Dengan demikian hasil pengujian tersebut ada hubungan yang kuat dan searah karena th lebih besar dari kurang lebih t 1/2 a (n-2) yang berarti menunjukkan adanya pengaruh hubungan pengembangan produk dengan hasil penjualan dan ada hubungan yang positif.