Abstract:
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui, sekaligus sebagai study perbadingan antara teori - teori, khususnya mata kuliah tentang Marketing yang dipelajari Oleh penulis dengan pelaksanaanya dalam dunia perdagangan dan juga untuk menambah dan memperkaya wawasan.
Semenjak terjadinya krisis ekonomi yang mengakibatkan penurunan pembangunan diberbagai sektor. Akibat yang paling nyata dirasakan sekarang adalah berkurangnya pembelian suatu produk dan tingginya tingkat persaingan dalam perdagangan, pihak produsen dipaksa untuk bekerja keras dalam memproduksi suatu produk disamping menciptakan produk yang berkualitas tinggi dengan harga yang dapat dijangkau Oleh masyarakat yang berpenghasilan rendah maupun berpenghasilan sedang sehingga produk tersebut mampu bersaing dalam pangsa pasar.
Pemasaran merupakan termasuk dalam suatu sarana yang penting bagi perusahaan. Terlebih lagi pada jaman sekarang ini persaingan sangat ketat antar perusahaan yang semakin meningkat. Hal ini perlu diketahui oleh bagian pemasaran dalam suatu perusahaan dan bagian pemasaran perusahaan ini pula yang harus berperan aktif dan menjadi usaha yang kompetitif. Dalam keadaan yang demikian para manajer menginginkan perusahaanya berhasil dengan baik, dan dapat memperoleh laba serta dapat mempertahankan kelangsungan hidup perusahaan. Dengan demikian dituntutlah seorang yang ahli dalam hal pemasaran, karena dengan keahlian yang dimilikinya itu maka akan mengakibatkan produk yang dihasilkan dapat terjual atau terbeli oleh konsumen dengan tingkat harga yang menguntungkan. Melalui produk yang dijual perusahaan akan dapat terjamin kehidupan dan kestabilan usahanya.
Marketing Mix yang merupakan gabungan elemen pemasaran yang tidak dapat dipisahkan satu sama lainya, karena setiap elemen mempunyai hubungan yang erat yang saling menunjang untuk tercapainya tujuan perusahaan yang telah ditetapkan.
Berdasarkan hasil dan pembahasan bahwa kebijaksanaan markting mix dalam mempertahankan konsumen yang terdiri dari empat elemen, maka dapat menghasilkan keeratan hubungan antara biaya marketing mix atau dari biaya empat elemen tersebut dengan kenaikan volume penjualan yaitu sebesar 09776 atau 97,76%.
Dari penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa konsumen merasa puas dengan produk tersebut, sehingga dapat mempertahankan konsumen dan dapat menunjang keberhasilan dalam usaha kegiatan pemasaran oleh perusahaan. Dan disarankan agar dalam menyalurkan hasil produksinya menggunakan saluran distribusi tidak langsung dimana perusahaan mengadakan koordinasi yang baik antar para pedagang besar dan pengecer sebagai perantara agar terjadi kesamaan mengenai harga dan untuk menghindari terjadinya persaingan yang kurang sehat dalam pemasaran.