Abstract:
Dalam suatu perusahaan pemasaran merupakan bidang yang harus diperhatikan, karena pemasaran merupakan ujung tombak bagi perusahaan dalam upaya mempertahankan posisinya di dalam persaingan dewasa ini. Salah satu fungsi pemasaran yang penting adalah penetapan harga jual. Penetapan harga secara tidak langsung akan mempengaruhi peningkatan volume penjualan pada perusahaan.
PT. Nutricia Indonesia sejahtera merupakan produsen susu dan makanan bayi. Pada awalnya produk instant di produksi di Netherland dan di ekspor di Jakarta. Pada Th 1988 Nutricia mulai membangun pabriknya sendiri di Jakarta. Dengan pabrik unit produksi di JI. Raya Bogor KM. 46,7 Jakarta.
Pada pelaksanaan distribusi PT. Nutricia Indonesia Sejahtera adalah melalui distributor, toko (pengecer) yang langsung ke pemakai akhir. Penetapan harga jual yang digunakan perusahaan yaitu penetapan harga berdasarkan biaya plus, penetapan harga analisa pulang pokok, penetapan harga yang sesuai dengan laju permintaan, dilakukan analisa regresi linier dengan persamaaan regresi adalah
Y = 273,220 - 0,00687 x yang berarti bila terjadi kenaikan satu rupiah dari harga jual maka mengakibatkan turunnya volume penjualan sebesar 0,00687 (satuan Indek).
Selain itu digunakan analisa korelasi untuk mengetahui keeratan hubungan antara penetapan harga jual terhadap peningkatan volume penjualan dengan hasil
-0,462, yang artinya strategi penetapan harga jual tidak terlalu berpengaruh terhadap peningkatan volume penjualan. Dari koefesien penentu (koefesien determinasi) sebesar 21,3% berarti 78,7 % lainnya dipengaruhi oleh faktor lainnya.
Karena pentingnya penetapan harga di dalam peningkatan volume penjualan, perusahaan sebaiknya menetapkan harga lebih rendah serta mengurangi komponen yang tidak perlu sehingga kemampuan membeli konsumen meningkat dan volume penjualan meningkat sementara profit perusahaan dapat dipertahankan.