Abstract:
Advertising atau periklanan sebagai salah satu ujung tombak dalam promosi selain personal selling atau penjualan perorangan, sales promotion atau promosi penjualan dan publisity atau publisitas memiliki peranan yang penting dalam meningkatkan penjualan. Oleh karena itu pengoptimalan dana pada media yang dipakai dalam periklanan harus tepat, sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Adapun metode penelitian yang dipakai sebagai bahan pertimbangan perusahaan sehingga dapat meningkatkan hasil penjualan sehingga perusahaan dapat bertahan selama mungkin dalam tahap dewasa walaupun mengurangi laba perusahaan untuk penelitian dan pengembangan adalah tehnik pengumpulan data yaitu riset lapangan dan riset kepustakaan dan pengolahan data dari data yang ada. Penulis berusaha mengetahui apa kendala-kendala dan kesulitan-kesulitan yang dihadapi perusahaan sehingga perusahaan dapat melakukan pengembangan produk dan promosi dalam hal ini periklanan yang sudah ada sehingga jadi lebih sempuma dari produk yang sebelumnya telah ada. Kegiatan promosi yang dilakukan PT. Saranapapan Ekasejati salah satunya periklanan untuk memasarkan Vila Kota Bunga menjadi salah satu kegiatan promosi yang paling mendapatkan prioritas utama karena itu pengoptimalan dana pada media yang dipakai oleh PT. Saranapapan Ekasejati dalam memasarkan Vila Kota Bunga harus maksimal dan sesuai dengan keadaan masyarakat potensial yang akan menjadi konsumen dari perusahaan. Penggunaan metode Linear Programing sebagai suatu metode untuk mengoptimalkan dana untuk setiap media terutama media utama yaitu surat kabar sehingga dapat memaksimalkan penjualan Vila Kota Bunga selain media yang lain sebagai dukungan terhadap media utama, sebab tanpa media yang lain sebagai dukungan maka media utama yang dipilih perusahaan tetap tidak dapat memberikan hasil yang maksimal. jadi pengoptimalan dana harus sesuai dengan peningkatan penjualan yang diberikan oleh masing-masing media karena dengan itu dana yang ada dapat memberikan hasil yang sesuai dengan yang diberikannya Jadi penggunaan metode Linear Programing diharapkan dapat membantu perusahaan untuk mengoptimalkan dana yang ada sehingga dapat meningkatkan penjualan yang maksimal walaupun sejauh ini penggunaan dana yang dilakukan PT. Sarapapan Ekasejati dalam mengiklankan Vila Kota Bunga sudah dapat meningkatkan penjualan tetapi penggunaan metode Linear Programing diharapkan dapat meningkatkan kembali penjualan, karena pada tahap ini persaingan yang terjadi sangat tajam sehingga peningkatan periklanan dan penggunaan dana yang diberikan harus efektif dan efisien. Tentu saja peningkatan ini harus sesuai dengan peningkatan penjualan dari tahun ketahun. Jadi metode Linear Programing dapat digunakan perusahaan dalam pengoptimalkan dana yang tepat sesuai dengan peningkatan hasil penjualan masing-masing media yaitu surat kabar, brosur, papan reklame, dan spanduk sebagai media periklanan yang dipakai oleh perusahaan.