Abstract:
Dunia di sekeliling kita terus berubah, dan kita tidak bisa lagi menganggap bahwa sesuatu kehidupan yang baik itu akan datang dengan sendirinya sebagai suatu anugrah. Jika kita terpaku pada kehidupan seperti itu, maka kita akan tenggelam di terpa datangnya gelombang ekonomi global yang kompetitif. Oleh karenanya perekonomian dunia merupakan tantangan dan peluang bagi siapa saja. Maju mundurnya suatu perusahaan di pengaruhi oleh faktor-faktor yang terlibat dalam pelaksanaan semua aktivitas perusahaan secara keseluruhan. Salah satu faktor yang sangat penting peranannya dalam aktivitas perusahaan adalah meramalkan penjualan yang akan datang dan untuk melaksanakan keputusan tersebut, perusahaan perlu membuat suatu analisis yang salah satunya adalah dengan menggunakan analisis rantai Markov.
Dengan digunakannya metode peramalan analisis rantai Markov, diharapkan perusahaan dapat memilih produk mana yang lebih banyak dijual di pasar, sehingga dapat mengambil keputusan dengan cepat dan dalam waktu yang tepat. Dalam penyususunan analisis rantai Markov, kita menginventarisasi kegiatan-kegiatan penjualan dari masing-masing merk produk tersebut, serta logika ketergantungan dengan faktor-faktor lain. Dengan mengetahui hal-hal tersebut di ataş, maka perencanaan secara mendetail dengan menggunakan analisis rantai Markov sudah bisa dilakukan. Dalam tahap ini, faktor waktu dan sumber daya belum dipertimbangkan, karena yang dituju baru kegiatan-kegiatan yang saling berhubungan pada bagian penjualan yang merupakan dasar dari penyusunan analisis rantai Markov selanjutnya.
Teknik rantai Markov dapat dipergunakan untuk memperkirakan perubahan-perubahan di waktu yang akan datang dalam variabel-variabel dinamis atas dasar perubahan-perubahan dari variabel-variabel dinamis tersebut di waktu yang lalu. Teknik ini juga dapat dipergunakan untuk menganalisa kejadian-kejadian di waktu mendatang secara sistematis.
PT. Mantap Garment yang merupakan salah satu perusahaan yang bergerak dibidang industri tekstil dengan hasil produk akhir berupa jaket, di dalam melakukan kegiatan peramalan permintaannya yang menggunakan analisis rantai Markov banyak mengalami kendala-kendala, karena produk yang akan dipasarkan keluar negeri selalu berubah-ubah disesuaikan dengan pesanan yang diminta oleh konsumen. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi kegiatan peramalan permintaan merek produk jaket yang dialami oleh perusahaan adalah tingkat permintaan dan penawaran, pangsa pasar, tingkat persaingan, Strategi promosi, serta tingkat harga.
Dari faktor-faklor tersebut di atas dalam hubungannya dengan permintaan merek produk jaketnya, manajemen perusahaan sulit untuk mengukur atau meramalkan berapa jumlah produk yang harus dibuat, dan merk produk jaket apa yang paling disukai oleh konsumen sehingga faktor-faktor tersebut mempengaruhi tingkat peramalan permintaan merek produk jaket tersebut.
Untuk melihat bagaimana perusahaan PT. Mantap Garment melaksanakan kegiatan peramalan permintaan produk yang diinginkan Oleh konsumen, berikut ini data permintaan merek produk jaket pada PT. Mantap Garment
Data permintaan merek produk jaket pada PT. Mantap Garment
pada bulan Juli - Agustus 1999 : Sauspal Juli (2200) Agustus (2400), Columbia Juli 1300 Agustus (1000), T – Mark Juli (2500) Agustus (2600).
Dari hasil peramalan yang telah dilakukan dengan pendekatan analisis rantai Markov, ternyata mempunyai pengaruh yang kuat sekali terhadap permintaan merek produk yang diinginkan oleh konsumen, ini bisa dilihat dari hasil pengujian dengan menggunakan pendekatan regresi dan korelasi, di mana hasil yang diproleh adalah sebesar 0,99 % dan koefisien penentu sebesar 0,9801 yang menunjukkan bahwa metode peramalan tersebut mempunyai pengaruh Yang sangat besar sekali terhadap permintaan merk produk jaket Yang diinginkan oleh konsumen.