FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS

REPOSITORY SKRIPSI

Analisis Pengaruh Balanced Scorecard Sebagai Alat Ukur Kinerja Hotel Lido Lakes Resort & Conference Bogor periode 2013-2015

Show simple item record

dc.contributor.author Hidayatulloh, Imam
dc.date.accessioned 2022-02-15T03:24:57Z
dc.date.available 2022-02-15T03:24:57Z
dc.date.issued 2016
dc.identifier.uri http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/2053
dc.description.abstract Pengukuran kinerja merupakan salah satu faktor yang sangat penting bagi organisasi bisnis. Didalam sistem pengendalian manajemen pada suatu organisasi bisnis, pengukuran kinerja merupakan usaha yang dilakukan pihak manajemen untuk mengevaluasi hasil-hasil kegiatan yang dilaksanakan oleh masing-masing pusat pertanggungjawaban yang dibandingkan dengan tolak ukur yang telah ditetapkan. Zaman sekarang ini kegiatan di sektor bisnis semakin pesat kemajuannya sehingga membuat tingkat persaingan dikalangan perusahaan meningkat. Selama ini pengukuran kinerja secara tradisional hanya menitik beratkan pada sisi keuangan. Untuk mengatasi masalah tentang kelemahan sistem pengukuran kinerja perusahaan berfokus pada aspek keuangan dan mengabaikan kinerja non keuangan, seperti kepuasaan pelanggan, produktivitas kaiyawan, dan sebagainya, maka dibuatlah suatu konsep/model pengukuran kinerja tidak hanya mencakup keuangan saja melainkan non keuangan, yaitu Balance Scorecard. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui bahwa alat ukur kineija perusahaan dengan metode Balanced Scorecard A\ hotel Lido Lakes Resort & Conference. (2) Untuk mengetahui Balanced Scorecard diterapkan untuk mengukur kineija Hotel Lido Lakes Resort & Conference. (3) Untuk mengetahui Peran Balanced Scorecard dalam peningkatan kinerja perusahaan pada Hotel Lido Lakes Resort & Conference. Jenis penelitian ini adalah Data Kualitatif yang merupakan Data Primer. Adapun penaikan sampel data yang diperoleh dari hasil Observasi, Wawancara atau berupa uraian/penjelasan mengenai variabel yang diteliti. Dengan maksud dengan mengungkap fakta, keadaan, fenomena, variabel dan keadaan yang terjadi saat penelitian berjalan dan menyuguhkan apa adanya. Masalah yang diteliti dan diselidiki oleh penelitian deskriptif kualitatif yang mengacu pada studi kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan perspektif keuangan dimana rasio R0A,R0E,DAR,^O?0 pada tahun 2013-2015 mengalami penurunan tiap tahunnya sehingga dapat disimpulkan hasil yang kurang baik pada perspektif keuangan. Untuk perspektif pelanggan pun kurang baik, dikarenakan indeks kepuasan pelanggan pada tahun 2013-2015 menurun. Pada perspektif proses bisnis internal mengalami kenaikan dimana pada fasilitas yang ada mengalami perbaikan ataupun inovasi yang terealisasi tiap tahunnya. Dan pada perspektif terakhir perspektif pertumbuhan dan pembel^aran kurang memuaskan dikerenakan adanya akuisisi hotel dimana adanya peiputaran karyawan yang menyebabkan kepuasaan kaiyawan menurun. Simpulan berdasarkan hasil penelitian Balanced Scorecard sangat berpengaruh positif dalampeningkatan kineija hotel, hal dapat dinilai dari perspektif pembelajaran dan pertumbuhan dimana perusahaan mempunyai suatu strategi untuk meningkatan produktivitas dan komitmen serta keahlian dari personal akan meningkat pula kualitas proses layanan pelanggan dan kepuasaan pelanggan akan meningkat pula yang terlihat dari perspektif pelanggan.dan pada akhimya berpengaruh Juga terhadap pespektif keuangan. en_US
dc.description.sponsorship Akhsanul Khaq - Retno Martanti Endah en_US
dc.publisher Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Pakuan en_US
dc.subject Balanced Scorecard en_US
dc.subject Alat Ukur Kinerja en_US
dc.title Analisis Pengaruh Balanced Scorecard Sebagai Alat Ukur Kinerja Hotel Lido Lakes Resort & Conference Bogor periode 2013-2015 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account