Abstract:
Salah satu pendekatan umum yang akan membantu manajemen untuk membuat
keputusan-keputusan yang bijaksana dalam setiap pemecahan masalah yang sifatnya
khusus seperti pesanan khusus yang sering kali timbul dalam sebuah perusahaan.
Gima memecahkan masalah dimaksud, akuntansi manajemen menawarkan suatu
pendekatan yang disebut pendekatan biaya relevan (relevant cost approach).
Bagaimana perusahaan mengambil keputusan untuk menolak atau menerima suatu
pesanan khusus diuraikan dalam skripsi ini yang beijudul ANALISIS BIAYA
RELEVAN DALAM KAITANNYA DENGAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN
MANAJEMEN ATAS PESANAN KHUSUS PADA PT. PULAU SAMBU
JAKARTA dengan Dosen Pembimbing Bapak Bambang Pamungkas, Drs., Ak, MBA
dan Bapak Edhi Asmirantho, Drs. Secara terperinci, skripsi ini terdiri atas 6 Bab, 105
halaman dan jumlah pustaka yang digunakan sebagai acuan dalam penulisan skripsi
adalah sebanyak 21 buku.
Adapun tujuan penulisan skripsi ini adalah untuk mengetahui cara dan kegunaan
penentuan laba operasi dengan metode harga pokok perusahaan dan metode harga
jual produk perusahaan untuk penjualan secara reguler, penggolongan biaya atas
laporan laba tigi perusahaan dan laporan perhitungan beban usaha serta pengaruh
penetapan laba rugi terbadap pesanan khusus serta analisis biaya relevan diterapkan
dalam kaitannya dengan suatu keputusan manajemen untuk menerima atau menolak
pesanan khusus.
PT. Pulau Sambu Jakarta di jadikan pada tahun 1967 dan beralamat pada Jalan
Rawa Bebek no. 26 Jakarta 14440. PT. Pulau Sambu Jakarta adalah suatu perusahaan
industri yang bergerak dalam usaha minyak kelapa, minyak goreng, ekstraksi bungkil
dan pengolahan kelapa segar dengan teknologi tinggi yang lazim disebut CW?
(Coconut Dry dan Wet Process).
Informasi relevan yang digunakan dalam pengambilan keputusan untuk
menerima atau menolak pesanan khusus adalah pendapatan relevan dan biaya relevan
dengan ketentuan sebagai berikut ; "Apabila pendapatan relevan lebih besar
daripada biaya relevan maka pesanan khusus diterima dan apabila ternyata biaya
relevan lebih besar daripada pendapatan relevan maka pesanan khusus sebaiknya
ditolak".
Dari hasil penganalisisan yang dilakukan dengan menggunakan analisis biaya
relevan oleh penulis atas dua pesanan khusus dari dua pelanggan menghasilkan suatu
penganalisan yang hanya menyetujui pesanan khusus dari Tuan Winata dan menolak
pesanan khusus Tuan Husein. Adapun tahap-tahap analisis biaya relevan terhadap
pesanan khusus kedua pelanggan tersebut adalah sebagai berikut;
(Tuan Winata) Analisi Biaya Relevan : Pendapatan Relevan Biaya Relevan Laba relevan perunit atas pesanan khusus Total penambahan laba relevan untuk 500 dus yang dipesan Tuan Winata adalah sebesar; (500 dusx 25 kemasan) x Rp. 150,00 = Rp. 1.875.000,00 Rp.1.000,00 (Rp. 850.00 1 Rp. 150,00
(Tuan Husein) Analisis Biaya Relevan; Pendapatan Relevan Biaya Relevan Rugi relevan perunit atas pesanan khusus
Rp. 900,00 IRp.l.000.00 ) Rp. 100,00
Total penurunan laba relevan untuk 450 dus yang di pesan Tuan Husein adalah sebesar: (450 dus x 25 kemasan) x Rp. 100,00 = 125.000,00
Dari penelitian yang telah dilakukan, penulis membuat beberapa disiplin
sebagai berikut : Perhitungan laba operasi penmit KARA untuk penjualan reguler
adalah dengan cara membandingkan antara harga jual dengan barga pokok produksi
selisihnya adalah laba penmit yang diterima perusahaan, perbandingan laba operasi
sebelum adanya pesanan khusus dengan laba operas! sesudah adanya pesanan khusus
digunakan sebagai dasar perhitungan untuk menerima atau menolak pesanan khusus,
suatu pesanan khusus diterima apabila pendapatan relevan lebih besar dar^ada biaya
relevan dan ditolak apabila pendapatan relevan lebih kecil daripada biaya relevan.
Keputusan FT. Pulau Sambu dalam menerima pesanan khusus Tuan Husein dalam
artian keuangan setelah dilakukan penganalisisan adalah keputusan yang keliru hal ini
dikarenakan perusahaan belum menggunakan analisis biaya relevan terlebih dahulu
atas suatu pesanan khusus. Dengan demikian, meninjau dari pentingnya kegunaan
analisis biaya relevan penulis menyarankan kepada perusahaan agar mulai
menggunakan analisis biaya relevan terlebih dahulu atas suatu pesanan khusus
sebagai kebijakan terbaik bagi perusahaan untuk perkembangan perusahaan pada
masa yang akan datang.