Abstract:
Dengan semakin berkembangnya industri makanan baik dari lokal maupun luar, banyak
menawarkan hasil produknya dengan berbagai jenis, model dan rasa, membuat PT Trans
Coffee turut bersaing untuk menghasilkan produk yang lebih baik dengan kualitas pelayanan
yang baik pula yang diinginkan konsumen. PT Trans Coffee merupakan salah satu
perusahaan dalam industri coffee shop, yang memiliki 72 cabang dikota besar salah satunya
The Coffee Bean & Tea Leaf, yang beralamat di Jl. Botani Square Tega Lega Bogor Tengah
Kota Bogor Jawa Barat 16129. Untuk tetap bersaing PT Trans Coffee berusaha
meningkatkan kualitas pelayanan di setiap cabang gerai coffe dengan memberikan kepuasan
konsumen untuk mempertahankan dan bersaing dengan perusahaan coffe shop sejenis.
Penelitian ini dilakukan pada PT Trans Coffee, cabang Bogor. Penilitian ini dilakukan
menggunakan media angket atau kuesioner dengan jumlah sample sebanyak 315 yaitu
pengunjung PT Trans Coffee, cabang Bogor. Tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan
kualitas pelayanan dengan kepuasan konsumen. alat analisis data yang digunakan adalah
korelasi ranksperman dan koefisien determinasi dengan menggunakan SPSS 20.
Berdasarkan hasil penelitian kualitas pelayanan pada PT. Trans Coffee baik dengan nilai
rata-rata tanggapan responden sebesar77,7%.Untuk tanggapan responden kepuasan
pelanggan didapat nilai rata-rata sebesar 68,57% termasuk kedalam kriteria baik.
Hasil analisis korelasi Rank Spearman diperoleh rs = 0,668. Artinya, kualitas pelayanan
dengan kepuasan konsumen mempunyai hubungan yang kuat. Hasil analisis koefesien
determinasi diperoleh nilai sebesar 44,62% Artinya kualitas pelayanan mempengaruhi
kepuasan konsumen sebesar 44,62% dan sisanya 55,38% dipengaruhi oleh factor lainnya.
Sedangkan dari hasil pembahasan didapat t hitung (5,390) > t label (1,960). Maka dapat
disimpulkan bahwa ada hubungan positif antara kualitas pelayanan dengan kepuasan
konsumen. Nilai t bernilai positif, artinya berpengaruh positif terhadap kepuasan konsumen
yaitu jika kualitas pelayanan ditingkatkan maka kepuasan konsumen akan meningkat.