Abstract:
Permasalahan yang terjadi karena bauran promosi tidak terdistribusikan dengan baik
dan efektif sehingga target tingkat hunian pada kamar RUKUN Senior Living belum
tercapai, occupancy penghuni (lanjut usia) hanya 35,22% atau 21 kamar yang terisi dari 60
kamar yang tersedia di RUKUN Senior Living dari data terakhir tahun 2015, dengan
terjadinya hal seperti itu untuk menambah pendapatan RUKUN Senior Living tidak hanya
menyewakan kamar dan fasilitasnya untuk para senior atau lanjut usia saja melainkan
menyewakan kamar dan fasilitas hotel untuk tamu individual lainnya seperti tamu grup,
perusahaan dan keluarga, namun tingkat hunian juga mengalami fluktuasi dan belum
mencapai target.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah Bauran Promosi berhubungan
signiFikan terhadap tingkat hunian, variabel dari bauran promosi manakah yang paling
dominan dan dampak yang akan terjadi seandainya bauran promosi dilakukan dengan baik.
Penelitian mengenai hubungan bauran promosi terhadap tingkat hunian dilakukan
pada RUKUN Senior Living Hotel and Resort, menggunakan data kuantitatif dengan 130
responden, penelitian ini menggunakan metode penarikan simple random sampling,
instrument utama penelitian ini adalah kuesioner yang telah diuji validitas dan
reliabilitasnya,. Metode analisis yang digunakan adalah kuantitatif statistic dengan Korelasi
Rank Spearman dan Koefisien Determinasi dengan bantuan SPSS.
Hasil penelitian mengungkapkan fakta bahwa hasil analisis koefisien korelasi Rank
Spearman yang diolah menggunakan SPSS, diperoleh 4 sub variable bauran promosi yang
berhubungan signifikan terhadap tingkat hunian, dari hasil analisis koefisien korelasi Bauran
Promosi yang paling dominan adalah sub variable periklanan diperoleh angka sebesar 0,721
hal ini menunjukan bahwa Bauran promosi yang di wakili oleh Periklanan menunjukan
bahwa terjadi hubungan yang kuat terhadap Tingkat Hunian. Dan dari hasil perhitungan
koefisien determinasi diperoleh angka sebesar 0.756 hal ini menunjukan bahwa terjadi
hubungan yang kuat antara Perikalan, Penjualan Personal, Promosi Penjualan, Publisitas dan
pemasaran langsung terhadap tingkat hunian, dari hasil analisis perhitungan koefisien
korelasi ini dampak yang akan terjadi jika hal tersebut dilakukan dengan baik dan efektif hal
tersebut akan berdampak positif dan dapat menlngkatkan tingkat hunian kamar pada
RUKUN Senior Living.