Abstract:
Dalam menghadapi situasi persaingan yang semakin ketat, perusahaan harus
depat menghasilkan produk yang depat bersaing dan diterima konsumen, untuk itu
perusahaan harus melaksanakan kegiatan pemasaran dengan bauran pemasaran.
Sehingga perusahaan akan depat menentukan harga, produk, saluran distribusi dan
promosi penjualan dengan tujuan agar produk yang (Uhasilkan depot £kenal dan
diketahui oleh para konsumen, sehingga diharepkan konsumen akan tertorik untuk
membeUproduk tersebut.
Ada beberepa alotyang digunakan untuk melakukan promosi stpeya produkrya
depat dikenali okh konsumen yaitu periklanan (ikkm cetak,Iklan kwat radio), promosi
penjualan (melaksanakan pameran), Pubiisitas (menponsori kegiatan-heQotan)
personal selling (membuka Shoowroom). Adapun pentingnya kegiatan promosi yaitu
supeya produk yang dihasilkan depot dikenal dan dihetahui oleh para konsumen
sehingga konsumen akan tertarik untuk membeli produk tersebut.
Dari penelitian pada objek penelitian data perusahaan Booffe Advindo yang
bergerak dalam pemhuatan alat pecinta alam yang berlokasi di JL. Raya Talong
Kedung Halang No.28 Bogor, Jama Barat. Perusahaan Booffe bergerak dibidang
produksi, dimana produknya terdiri dari 7 (tujuh) produk utamayaitu dompet, sandal,
sepatu, dybag pelampung tas dan perahu haret. Didalam memasarkan produkrya,
Perusahaan Boogie Advindo melaksanahan kegiatan Promosi produkrya agar dikenal
oleh konsumen. Pelaksanaan kegiatan promosinya antara Imn: dengan cara mebkukan
periklanan, dengan cara Iklan cetak, periklanan lemat radio. Dengan promosi penjualan
(sales promotion), publisitas dan personal selling.
Analisis kegiatan promosi dengan iklan, pameran sponsor, dan shomroom
terhadap total volume penjualan menyatakan bahwa yang memiliki keeratan
hubungan paling kuat adalah kegiatan sponsor (0,6439) tetapi yang paling baryak
peranannya dalam meningkatkan volume penjualan adalah dengan iklan yang terdhat
dari koefisien regresi (24,789) berarti peningkatan volume penjualan melalui iklan
akan tejadi berdasarkanpersamaan Y — 3.496,74 + 24,789 xpeningkatan 1 (satu)
npiah bicya iklan. Sedangkanyang lainrya memilikiperananyang heal
Berdasarkan analisis yang dilakukan secara keseluruhan kegiatan promosi
mempunyai hubungan yang erat dengan peningkatan penjualan dengan bentuk
peningkatan berdasarkan persamaan regresi Y = 1.302,28 + 8,638 X.