Abstract:
Herawati. 022114035. Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan (Studi Empiris Pada Perusahaan Bidang Pertanian yang Terdaftar di
Bursa Efek Indonesia Tahun 2012-2016). Dibawah bimbingan Ketut Sunarta dan Asep Alipudin. 2018.
Dalam menjalankan bisnis yang baik dapat diwujudkan apabila pelaku usaha dalam
menjalankan kegiatannya disertai adanya perilaku bisnis yang berkualitas etis, yaitu dengan mewujudkan tanggung jawab sosial perusahaan atau disebut Corporate Social Responsibility
(CSR). Corporate Social Responsibility merupakan komitmen perusahaan atau dunia bisnis
untuk berkontribusi dalam pengembangan ekonomi yang berkelanjutan dengan memperhatikan tanggung jawab sosial perusahaan dan menitikberatkan pada keseimbangan
antara perhatian terhadap ekonomi, sosial, dan lingkungan. Pengungkapan CSR dipercaya dapat meningkatkan kinerja perusahaan, dimana para investor cenderung menanamkan
modal kepada perusahaan yang melaksanakan kegiatan CSR. Oleh karena itu, pengungkapan
CSR dapat dijadikan sebagai strategi oleh perusahaan, semakin baik pengungkapan CSR
maka stakeholder akan semakin terpuaskan dan akan memberikan dukungan penuh atas
segala aktivitas yang dilakukan oleh perusahaan. Perusahaan dalam menerapkan CSR juga
diharapkan akan memperoleh legitimasi sosial dan mendapatkan profit yang sesuai.
Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk menggambarkan perkembangan Corporate Social
Responsibility, Size, Leverage pada perusahaan sektor perkebunan, (2) untuk
menggambarkan perkembangan kinerja keuangan pada perusahaan sektor perkebunan, dan
(3) untuk mengetahui pengaruh Corporate Social Responsibility, Size, Leverage terhadap
kinerja keuangan perusahaan.
Penelitian ini mengenai pengaruh Corporate Social Responsibility terhadap kinerja keuangan
perusahaan. Penelitian ini dilakukan pada perusahaan yang bergerak di bidang pertanian
yaitu sektor perkebunan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, dengan menggunakan data
sekunder dengan menganalisis data berupa laporan tahunan dan laporan keberlanjutan
perusahaan. Pemilihan sampel menggunakan purposive sampling dan diperoleh sampel
sebanyak 3 perusahaan. Penelitian ini menggunakan metode analisis Deskriptif Kuantitatif,
analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda menggunakan SPSS 23.
Berdasarkan hasil pengujian menunjukan bahwa: (1) Corporate Social Responsibility
berpengaruh signifikan terhadap kinerja keuangan perusahaan (ROE), sedangkan variabel
kontrol ukuran perusahaan (size) dan leverage tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja
keuangan perusahaan (ROE). (2) Corporate Social Responsibility berpengaruh signifikan
terhadap kinerja keuangan perusahaan (ROA), sedangkan variabel kontrol ukuran
perusahaan (size) dan leverage tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja keuangan
perusahaan (ROA).
Adapun saran untuk perusahaan sebaiknya tetap melaksanakan kewajibannya dalam
melaksanakan aktivitas CSR, pengungkapan CSR yang diterapkan secara konsisten dapat
memberikan beberapa manfaat bagi perusahaan antara lain berupa memberikan citra produk
yang baik, dapat meningkatkan reputasi perusahaan dimata masyarakat, juga dapat menarik
minat investor untuk berinvestasi dengan melihat perusahaan yang peduli terhadap
masyarakat dan lingkungan sekitar.
Kata Kunci: Corporate Social Responsibility, Size, Leverage, Return on Equity, Return on Asset