Abstract:
Desi Lestari. 021115615. Hubungan Citra Merek Dengan Keputusan Pembelian Konsumen
Sepeda Motor Jenis Sport pada PT Mega Motor Honda Bogor. Pembimbing, Oktori Kiswati
Z dan Aditya Prima Yudha.2020.
Merek merupakan suatu elemen yang mencerminkan keseluruhan dari suatu produk dan
jasa. Merek memiliki hubungan psikologis dalam menentukan keputusan pembelian. Hal ini
disebabkan oleh citra yang muncul dalam benak konsumen sehingga pada akhirnya
mempengaruhi hubungan konsumen dalam membeli produk tersebut. Konsumen akan lebih
cenderung tertarik untuk memilih produk dengan merek yang baik. Ini menunjukkan bahwa
citra merek berhubungan dengan keputusan pembelian. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk
menguji hubungan antara variabel citra merek dengan keputusan pembelian.
Penelitian ini menggunakan metode pengambilan sampel non-probality sampling.
Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebanyak 80 orang responden yang
diambil dari populasi pengguna motor Honda Sport pada tahun 2019 sebanyak 289 orang
dengan terlebih dahulu diolah menggunakan rumus Slovin. Analisis data dalam penelitian ini
menggunakan metode korelasi rank spearman.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa citra merek pada Mega Motor
Honda kurang baik dan variabel keputusan pembelian pada Mega Motor honda kurang baik.
Dari hasil analisis koefisien korelasi diperoleh hasil r = 0,766, artinya hubungan yang kuat
antara Citra Merek dengan keputusan pembelian pada Mega Motor Honda dan hasil
perhitungan koefisien determinasi menunjukan bahwa citra merek memiliki kontribusi
pengaruh terhadap keputusan pembelian sebesar 58,68%, sedangkan sisanya dipengaruhi
oleh faktor lain. Hasil uji hipotesis diperoleh nilai dari nilai signfikan sebesar 0,02 atau ≠ 0
yang artinya dimana hipotesis yang menyatakan terdapat hubungan antara citra merek
dengan keputusan pembelian atau Ha diterima.
Kata Kunci : Citra Merek, Keputusan Pembelian, Motor Sport