FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS

REPOSITORY SKRIPSI

ANALISIS PERILAKU KONSUMEN DALAM PEMBELIAN PULSA SECARA MODERN (Studi Kasus Mahasiswa/i Universitas Pakuan Bogor)

Show simple item record

dc.contributor.author Effendi, Zainul
dc.date.accessioned 2025-03-18T03:20:44Z
dc.date.available 2025-03-18T03:20:44Z
dc.date.issued 2020-03-05
dc.identifier.uri http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/10174
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi konsumen yang terdiri dari faktor budaya, sosial, pribadi,dan psikologis terhadap keputusan pembelian pulsa secara modern. Untuk mengetahui diantara faktor tersebut yang berpengaruh dominan terhadap keputusan konsumen dalam pembelian pulsa secara modern atau elektronik. Desain penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah strata sampling dan Instrumen yang digunakan adalah menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpulan data primer. Data diperoleh dari 400 responden mahasiswa Unpak yang aktif sebagai usia milenial. Teknik analisis yang digunakan adalah analisi deskriptif dan tabulasi. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, penelitian ini menyimpulkan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan konsumen dalam melakukan pembelian pulsa secara modern atau elektronik, yaitu: (1) Budaya (2) Sosial (3) Pribadi (4) Psikologis. Dari hasil olah data diketahui yaitu faktor budaya(X1) 74,3%, faktor sosial (X2) 66,6%, faktor pribadi (X3) 77,5%,dan faktor psikologis (X4) 75,15%. Dari hasil tersebutdi atas responden dipengaruhi oleh beberapa faktor tersebut. Dari data tabulasi dapat diketahui bahwa sumbangan terbesar terhadap keputusan pembelian yaitu faktor pribadi dengan prosentase 77,5%. Adapun indikator dominanya adalah faktor budaya (sub budaya 75,6 %), faktor sosial (kelompok refrensi 67,2%), faktor pribadi (kepribadian dan konsep diri 85,4%), dan faktor sosial (persepsi 75,9%). Sehingga pertimbangan keputusan pembelian tidak mudah dipengaruhi oleh orang lain. Kata Kunci: keputusan konsumen membeli pulsa secara modern, Analisis Faktor en_US
dc.description.sponsorship Ferdisar Adrian - Arie Wibowo Irawan en_US
dc.publisher Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pakuan en_US
dc.subject keputusan konsumen membeli pulsa secara modern, Analisis Faktor en_US
dc.title ANALISIS PERILAKU KONSUMEN DALAM PEMBELIAN PULSA SECARA MODERN (Studi Kasus Mahasiswa/i Universitas Pakuan Bogor) en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account