Abstract:
Yayu Meida Putri R. 021115264, Manajemen S1, Manajemen Operasi “Analisis Sistem
Antrian Guna Meningkatkan Efektifitas Pelayanan Pada Rumah Sakit Umum
Jampangkulon”. Ketua Komisi Pembimbing Jaenudin, Anggota Komisi Pembimbing Tutus
Rully, 2020.
Antrian merupakan suatu aktivitas menunggu untuk dilayani oleh satu orang atau
lebih guna mendapatkan pelayanan yang diinginkan, baik dalam ativitas perusahaan maupun
dalam suatu rumah sakit. Pelayanan dibidang jasa seperti rumah sakit merupakan suatu
intitusi pelayanan sosial dari perpanjangan tangan pemerintah dalam meningkatkan
kebutuhan kesehatan di tengah masyarakat. Tingkat pelayanan yang diberikan rumah sakit
terhadap pasien atau pengunjung harus dilakukan dengan menyeimbangkan kemampuan
rumah sakit untuk menawarkan pelayanan yang diinginkan oleh pengunjung dengan
kebutuhan beroperasi secara efektif sehingga masyarakat tidak harus menunggu antrian
terlalu lama.
Penelitian ini ditujukan untuk menjelaskan jumlah loket yang tepat agar bisa
mengefektifkan waktu pelayanan pasien pada RSU Jampangkulon. Metode yang digunakan
adalah metode antrian dengan model antrian multi channel-single phase yang dapat
digunakan untuk mengetahui jumlah loket pendaftaran untuk meminimumkan waktu antrian
di RSU Jampangkulon, dengan menggunakan data primer dan sekunder.
Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa terdapat alternative untuk
meminimumkan waktu tunggu dan biaya antrian adalah dengan menambah loket menjadi 4
loket pendaftaran guna mencapai standar waktu yang telah di tentukan RSU Jampangkulon
yaitu 5 menit.
Kata kunci: Sistem Antrian, Efektivitas Pelayanan, Multi channel-silngle phase