Abstract:
Dwi Retno Mulyasari. NPM 021116399. Analisis Store Atmosphere Terhadap Keputusan
Pembelian Pada Coffee Shop Inspirasi Cibinong. Skrispsi Prodi Manajemen Konsentrasi Manajemen
Pemasaran. Fakultas Ekonomi Universitas Pakuan. Dibawah Bimbingan Oktori Kiswati Zaini dan
Nizam M. Andrianto. Tahun 2020.
Kopi merupakan salah satu komoditas di dunia yang dibudidayakan lebih dari 50 negara.
Meminum kopi sudah menjadi kebiasaan masyarakat Indonesia sejak zaman dahulu kala. Pasalnya,
Indonesia adalah salah satu penghasil biji kopi terbaik di dunia. Beberapa daerah yang terkenal dengan
produksi biji kopinya adalah Aceh, Lampung, Medan, Jawa, Ternate, Sulawesi, dan Flores. Di Indonesia
konsumsi kopi di dalam negeri meningkat setiap tahunnya, hal ini menarik bagi kalangan pengusaha.
Tidak dipungkiri persaingan bisnis berbahan dasar kopi sangat diminati dan dinilai sebagai peluang
bisnis yang baik yaitu dengan mendirikan usaha kafe berkonsep Coffee Shop. pertumbuhan Coffee Shop
di Cibinong terus mengalami peningkatan secara signifikan, dilihat pada tahun 2014 jumlah Coffee Shop
yang berada di Cibinong berjumlah 19 Coffee Shop, hanya dalam waktu lima tahun jumlah Coffee Shop
di Cibinong mencapai 242 Coffee Shop. Coffee Shop Inspirasi Cibinong merupakan salah satu coffee
shop yang ada di Cibinong. Seiring perkembangan Coffee Shop tersebut menunjukan Persaingan yang
cukup ketat dalam Coffee Shop, menghadapi persaingan bagaiamana peneilaian konsumen mengenai
Store Atmosphere Coffee Shop Inspirasi Cibinong menjadi salah satu pertimbangan dalam melakukan
keputusan pembelian pada Coffee Shop Inspirasi Cibinong.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Untuk mengetahui Store Atmosphere pada Coffee Shop Inspirasi
Cibinong. (2) Untuk mengetahui Keputusan Pembelian pada Coffee Shop Inspirasi Cibinong. (3) Untuk
mengetahui Analisis Store Atmosphere terhadap Keputusan Pembelian pada Coffee Shop Inspirasi
Cibinong dapat digunakan sebagai acuan rencana kedepan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian
deskriptif (Eksploratif). Responden pada penelitian ini adalah konsumen Coffee Shop Inspirasi
Cibinong. Metode penarikan sampel dengan cara Accidental/convenience sampling dengan toral
responden sebanyak 100 orang dengan perhitungan menggunakan rumus Slovin. Pengumpulan data
dilakukan dengan cara menyebarkan kuesioner serta pengolahan data dilakukan dengan menggunakan
analisis deskriptif.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa jawaban responden mengenai penilaian Store
Atmosphere Pada Coffee Shop Inspirasi Cibinong yaitu sebesar 84,26% rata-rata tersebut berada pada
interval 80%-100% yang tergolong dalam kategori sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian jawaban
responden mengenai keputusan pembelian pada Coffee Shop Insiprasi Cibinong sebesar 85,8% rata-rata
tersebut menunjukan keputusan pembelian yang dilakukan oleh konsumen sangat tinggi.
Kata Kunci: Store Atmosphere, Keputusan Pembelian