Abstract:
EVA QORI ARGARINI MAHMUDI. 022114225. Pengaruh Diversifikasi Operasi dan
Ukuran Perusahaan Terhadap Manajemen Laba (Studi pada Perusahaan Makanan dan
Minuman yang Terdaftar di BEI Tahun 2012-2016). Di bawah bimbingan Rochman Marota
dan Siti Maimunah. 2018.
Menghadapi persaingan pasar yang ketat, manajer dari setiap perusahaan dituntut
cerdas dalam menerapkan strategi untuk memperoleh pangsa pasar yang lebih besar. Oleh
karena itu, dibutuhkan strategi agar perusahaan dapat mencapai tujuan tersebut. Dengan
tuntutan dalam menciptakan strategi demi memiliki pangsa pasar yang besar hal ini
mendorong pihak manajemen untuk melakukan manajemen laba dengan didukung fenomena
yang ditemukan pada perusahaan makanan dan minuman yaitu ALTO 2015 melakukan
perubahan pada metode biaya perhitungan persediaan dari metode rata-rata bergerak menjadi
metode rata-rata tertimbang, kedua yaitu perusahaan, SKBM melakukan perubahan metode
penyusutan yaitu saldo menurun ganda menjadi garis lurus di tahun 2016 pada aset selain
bangunan dan prasarana, dan pada tahun 2015 MLBI melakukan perubahan metode biaya
perhitungan persediaan dari metode rata-rata pada tahun 2014 menjadi metode rata-rata
tertimbang tahun 2015 untuk barang jadi dan barang dalam proses, rata-rata bergerak untuk
bahan baku, penolong dan suku cadang.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh diversifikasi operasi dan ukuran
perusahaan terhadap manajemen laba dilakukan pada perusahaan makanan dan minuman yang
terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada periode 2012-2016 dengan sampel sebanyak 5
perusahaan, menggunakan metode penarikan sampel purposive sampling, metode analisis
yang digunakan kuantitatif statistik, dengan menggunakan SPSS 23 yaitu uji asumsi klasik,
analisis regresi linier berganda, uji hipotesis.
Berdasarkan hasil penelitian uji statistik t menunjukkan bahwa secara parsial
diversifikasi operasi tidak berpengaruh terhadap manajemen laba, sedangkan ukuran
perusahaan berpengaruh terhadap manajemen laba. Hasil penelitian uji statistik F
menunjukkan bahwa diversifikasi operasi dan ukuran perusahaan secara simultan berpengaruh
terhadap manajemen laba.
Temuan ini menunjukan bahwa semakin banyaknya segmen operasi yang dimiliki
perusahaan tidak mempengaruhi indikasi perusahaan melakukan manajemen laba.
Kemungkinan berpengaruhnya ukuran perusahaan terhadap manajemen laba dikarenakan
perusahaan yang berukuran besar memiliki kekuatan manajemen yang sangat kuat, meskipun
telah memiliki sistem pengendalian internal yang baik, tapi kekuatan manajemen dapat
mengatur sistem pengendalian internal untuk melakukan manajemen laba. Saran yang dapat
disampaikan kepada pihak manajemen seharusnya laporan keuangan disampaikan sesuai
dengan kondisi perusahaan tersebut tanpa merekayasa angka laba yang ada pada perusahaan,
juga memperhatikan kesesuaian total penjualan dengan total penjualan seluruh segmen,
kepada para investor sebaiknya lebih berhati-hati dalam menginvestasikan dana yang
dimilikinya, dan untuk penelitian selanjutnya diharapkan dapat memperluas penelitian
dengan menambahkan sampel, variabel dan memperpanjang interval penelitian.
Kata kunci: Diversifikasi Operasi, Ukuran Perusahaan dan Manajemen Laba