Abstract:
Maulana Nur Ubaidillah, 0211 14 271, Manajemen, Manajemen Pemasaran, Analisis Atmosfer
Restoran Terhadap Kepuasan Konsumen, dibawah bimbingan Ketua komisi pembimbing Sri Hartini
dan Anggota komisi pembimbing Yetty Husnul Hayati. 2020.
Persaingan bisnis diera moderen ini menjadi sangat tajam baik di pasar domestik maupun di
pasar internasional, kegiatan pemasaran menjadi sangat penting bagi usaha industri makanan cepat
saji, karena usaha cepat saji merupakan salah satu usaha yang rumit pengelolaannya dan juga
menyediakan fasilitas yang unik dan suasana yang dapat digunakan oleh para konsumen selama sehari
penuh. Usaha industri makanan cepat saji harus lebih mengutamakan salah satu aspek yang menjadi
unggulannya yaitu atmosfer atau suasana restorannya terhadap konsumen, untuk itu meningkatkan
suasana restoran yang baik pada rumah makan Lembur Kuring sangat diperhatikan dalam memenuhi
keinginan konsumennya. Kepuasan konsumen sangat berpengaruh terhadap keberlangsungan hidup
rumah makan Lembur Kuring, dengan puasnya konsumen terhadap suatu suasana restoran maka
diharapkan akan menciptakan peluang untuk menjadi konsumen yang loyal. Adapun penelitian ini
yaitu bertujuan untuk mengetahui sejauh mana Analisis Atmosfer Restoran Terhadap Kepuasan
Konsumen Pada Rumah Makan Lembur Kuring Parung Bogor yang berlokasi di Jalan Raya ParungBogor Desa PamegarSari, RT. 003/RW. 02, Kabupaten Bogor.
Penelitian ini dilakukan pada Rumah Makan Lembur Kuring pada periode 2019-2020 sebagai
sampel. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Data primer
diperoleh dengan wawancara dan pengisian kuesioner oleh 100 orang konsumen. Sedangkan data
sekunder diperoleh dari literatur serta dokumen perusahaan. Analisis data dilakukan dengan
menggunakan Analisis Deskriptif, Analisis Tingkat Kepuasan dan metode Importance Performance
Analysis (IPA) dengan alat pengolah data spss 23 dilakukan dengan menggunakan komputer.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa atmosfer restoran yang dihasilkan oleh rumah makan
Lembur Kuring melalui Analisis Deskriptif masih dinilai rendah dengan nilai total tanggapan
responden pada setiap atribut berkisar antara 39% sampai dengan 56,8%, secara garis kontinum
kondisi tersebut berada pada rentang kurang baik. Sedangkan melalui Analisis Tingkat Kepuasan
antara tingkat kinerja dan tingkat harapan konsumen terhadap atmosfer restoran diperoleh hasil
sebesar 64,80%. Berdasarkan tingkat kepuasan maka kepuasan berada <100% artinya konsumen
belum merasa puas terhadap kinerja atmosfer restoran pada Rumah Makan Lembur Kuring.
Berdasarkan Analisis IPA (Importance Performance Analysis) dilakukan terhadap atmosfer restoran
yang terbagi dalam 4 kuadran, yaitu kuadran A (dinilai sangat penting tetapi kinerja kurang
memuaskan), kuadran B (dinilai sangat penting dan sudah memuaskan), kuadran C (dinilai kurang
penting dan kurang memuaskan), dan kuadran D (dinilai kurang penting tapi sangat memuaskan).
Kata kunci : Atmosfer Restoran, Kepuasan Konsumen