Abstract:
MAYFANNI GELITA 021116306. Analisis Perilaku Konsumen Terhadap Kepuasan
Memilih Paket Wisata Regular Pada Taman Buah Mekarsari (Studi Kasus Pada Agro Wisata Taman
Buah Mekarsari). Di bawah bimbingan YETTY HUSNUL HAYATI dan NIZAM M. ANDRIANTO,
2020.
Penelitian ini di tunjuk untuk menjelaskan perilaku konsumen saat membeli paket wisata
regular pada wisata Taman Buah Mekarsari. Selain itu, penelitian ini juga ditunjukkan untuk
mengetahui apakah perilaku konsumen saat membeli paket wisata regular pada wisata Taman Buah
Mekarsari berpengaruh terhadap Kepuasan Konsumen.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Deskriptif dengan metode Studi
Kasus, Jenis data yang diteliti dalam penelitin ini adalah data kualitatif dan sumber data dari penelitian
ini yaitu data primer dan data sekunder. Data sekunder yang digunakan berupa data Perkembangan
Jumlah Konsumen Paket Wisata Regular yang didapat langsung dari pihak manajemen wisata Taman
Buah Mekarsari, sedangkan data primer yang digunakan berupa data hasil penyebaran kuesioner
mengenai perilaku konsumen terhadap kepuasan konsumen saat memilih paket wisata regular pada
wisata Taman Buah Mekarsari.
Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengunjung wisata Taman Buah
Mekarsari yang datang ke Taman Buah Mekarsari pada periode 2019 yakni sebanyak 153.005
pengunjung. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan Accidental Sampling, dan
diperoleh sampel sebanyak 100 responden. Penelitian ini menggunakan analisis data dengan uji
validitas dan uji reliabilitas.
Berdasarkan hasil pengolahan data hasil penelitian menunjukan bahwa variabel perilaku
konsumen memiliki validitas sebesar r = 0.195 dan realibilitas sebesar 0.463, kepuasan konsumen
memiliki validitas r = 0.195 dan reliabilitas sebesar 0.815. Kesimpulan hasil penelitiannya adalah (1)
Saya berwisata ke Taman Buah Mekarsari karena tempatnya bagus dan membuat betah mempunyai
validitas yang tinggi dan reliabilitas yang rendah pada variabel perilaku konsumen. (2) Saya akan
menyarankan seseorang untuk berkunjung ke taman buah mekarsari saat liburan mempunyai validitas
yang rendah dan reliabilitas yang tinggi pada variabel kepuasan konsumen.
Kata Kunci : Perilaku Konsumen, Kepuasan Konsumen