Abstract:
Mitha Miftahul Jannah. 021116207. Analisis Faktor-Faktor Perilaku Konsumen
Dalam Pembelian Produk Kecantikan Secara Online Pada Situs Blibli.Com (Studi Kasus :
Bogor Barat) Pembimbing OKTORI KISWATI Z. dan ARIE WIBOWO IRAWAN. 2020.
Dunia telah beralih dan berkembang seperti halnya pada perkembangan teknologi
yang semakin berkembang sehingga memberikan perubahan pada kehidupan manusia,
perkembangan teknologi yang semakin meningkat memberikan kemudahan bagi konsumen
dalam mengakses internet, berkomunikasi dengan siapa pun, kapan pun, dan di mana pun,
mencari informasi yang dibutuhkan dengan cepat dan mudah, dan mempermudah
masyarakat dalam melakukan perdagangan. Banyaknya perusahaan yang memanfaatkan
teknologi untuk memasarkan dan menjual produknya. Seperti bisnis online atau E-commerce
yang saat ini sedang digemari dikalangan masyarakat Indonesia.
Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Mengetahui bagaimana perbandingan fitur
marketplace, 2) Menganalisis faktor-faktor apa saja yang menjadi pertimbangan perilaku
konsumen dalam pembelian produk kecantikan secara online, 3) Menganalisis faktor
manakah yang menjadi pertimbangan utama konsumen dalam melakukan pembelian produk
kecantikan dari faktor budaya, sosial, pribadi dan psikologi.
Penelitian ini mengenai faktor-faktor perilaku konsumen dalam pembelian produk
kecantikan secara online pada situs blibli.com menggunakan data primer dan data sekunder
dengan jumlah responden sebesar 100 responden sampel dipilih menggunakan metode non
probability sampling. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis
deskriptif dan analisis tabulasi. Butir pertanyaan diuji dengan menggunakan uji validitas dan
uji reliabilitas .
Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa perbandingan fitur E-commerce di
Indonesia yang mempunyai fitur paling banyak yaitu shopee dengan 13 fitur dan 26 kategori
produk. Selanjutnnya faktor yang menjadi pertimbangan perilaku konsumen dalam
pembelian produk kecantikan secara online adalah faktor budaya, faktor sosial, faktor
pribadi, dan faktor psikologi. Dan faktor yang menjadi pertimbangan utama konsumen dalam
pembelian produk kecantikan adalah faktor Psikologi.
Kata Kunci : Kebudayaan, Sosial, Pribadi dan Psikologi