Abstract:
ALYA NABILA. 021116313. Analisis Perilaku Konsumen Terhadap Penggunaan Tas Belanja Atas
Kebijakan Bogor Tanpa Kantong Plastik (Studi Kasus Pada Konsumen Yogya Grand Dramaga).
Dibimbing oleh SRI HARTINI dan BAYU DWI PRASETYO. 2020.
Permasalahan sampah plastik saat ini terbilang problematik karena sifat plastik yang sulit
terurai dan sangat membahayakan bagi lingkungan, oleh karena itu pemerintah mengeluarkan suatu
kebijakan untuk mengurangi penggunaan kantong plastik pada konsumen saat berbelanja. Kota Bogor
salah satu kota yang mengeluarkan kebijakan pelarangan penggunaan kantong plastik dengan
dikeluarkannya Perwalkot Bogor 61/2018 dimana kebijakan tersebut dikenal dengan istilah Bogor
Tanpa Kantong Plastik. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis karakteristik konsumen
Yogya Grand Dramaga, persepsi konsumen Yogya Grand Dramaga mengenai adanya aturan Bogor
Tanpa Kantong Plastik, dan apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen
menggunakan tas belanja sendiri (eco-bag).
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif eksploratif dengan
menggunakan data sekunder yang berasal dari studi kepustakaan dan menggunakan data primer yang
berasal dari penyebaran kuesioner dan wawancara. Penentuan sampel menggunakan metode area
sampling, accidential sampling, dan purposive sampling. Penentuan ukuran sampel menggunakan
rumus Wibisono, sehingga menghasilkan 100 responden. Metode analisis data yang digunakan pada
penelitian ini adalah analisis deskriptif dan analisis faktor dengan menggunakan SPSS 23.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsumen Yogya Grand Dramaga memiliki
karakteristik yang beragam, untuk persepsi konsumen terhadap adanya aturan Bogor Tanpa Kantong
Plastik mendapatkan hasil sebesar 93% konsumen mengetahui adanya aturan Bogor Tanpa Kantong
Plastik, 97% konsumen setuju dengan adanya aturan Bogor Tanpa Kantong Plastik, 68% konsumen
menilai penerapan aturan Bogor Tanpa Kantong Plastik sudah baik, 88% konsumen menilai aturan
Bogor Tanpa Kantong Plastik dapat mengurangi penggunaan kantong plastik, dan 88% konsumen
menilai aturan Bogor Tanpa Kantong Plastik dapat mengurangi jumlah sampah plastik di Bogor.
Adapun hasil untuk faktor-faktor yang mempengaruhi konsumen dalam penggunaan tas belanja
sendiri setelah dianalisis menggunakan analisis faktor adalah terdapat 4 faktor dominan antara lain
kebiasaan konsumen membawa tas belanja sendiri, penerapan perilaku ramah lingkungan pada diri
konsumen, pengetahuan konsumen tentang adanya pelarangan penggunaan kantong plastik, dan usia
yang memiliki pengaruh saat menggunakan tas belanja sendiri.
Kata Kunci : Perilaku Konsumen, Bogor Tanpa Kantong Plastik, Analisis Faktor