Abstract:
DEVINA DESTRIASARI. NPM 021116309. Manajemen. Manajemen Pemasaran. Analisis FaktorFaktor Yang Mempengaruhi Proses Pengambilan Keputusan Pembelian Di Klasik Coffee & Breakfast
Breakfast (Studi kasus pada konsumen Klasik Coffee & Breakfast). Dibimbing oleh : SRI HARTINI
dan DONI WIHARTIKA. 2020.
Kopi merupakan salah satu komoditi unggulan dari subsektor perkebunan yang memiliki
potensi cukup besar untuk dikembangkan. Menurut International Coffee Organization, Indonesia
merupakan negara penghasil kopi terbesar ke-4 dunia dengan jumlah produksi sedikit di atas 10 juta
karung kopi. Pasalnya, Indonesia adalah salah satu penghasil biji kopi terbaik di dunia. Beberapa
daerah yang terkenal dengan produksi biji kopinya adalah Aceh, Lampung, Medan, Jawa, Ternate,
Sulawesi, dan Flores. Di Indonesia konsumsi kopi meningkat setiap tahunnya, menunjukkan bahwa
minat masyarakat terhadap produk kopi tumbuh dan berkembang, hal ini menarik bagi kalangan
pengusaha. perkembangan bisnis coffee shop di Kota Bogor bermunculan di berbagai tempat strategis
dan dinilai memiliki potensi pasar yang besar, yang menjadikan coffee shop sebagai pilihan untuk
melakukan berbagai hal. Bisnis coffee shop di Kota Bogor tidak hanya menguntungkan pemilik bisnis,
namun menarik untuk dibicarakan serta dimanfaatkan sebagai peluang dan daya tarik oleh para
pemilik bisnis untuk mendirikan coffee shop sebagai bisnis dalam industri kreatif, di mana tidak hanya
sekedar aktivitas jual beli minuman dan makanan saja seperti di warung kopi biasa, tetapi
menawarkan suasana yang berbeda, unik, nyaman, asik, dan memiliki ciri khasnya tersendiri.
pertumbuhan coffee shop di Kota Bogor terus mengalami peningkatan secara signifikan, dilihat pada
tahun 2017 jumlah coffee shop yang berada di Kota Bogor berjumlah 158 coffee shop, hanya dalam
waktu tiga tahun jumlah coffee shop di Kota Bogor mencapai 242 coffee shop. Seiring perkembangan
Coffee Shop tersebut menunjukan persaingan yang cukup ketat dalam coffee shop. Perkembangan ini
diiringi dengan selera konsumen yang semakin selektif dalam memilih suatu produk dan tempat yang
sesuai dengan keinginan.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) untuk mengetahui karakteristik konsumen di Klasik Coffee
& Breakfast, (2) untuk mengetahui proses pengambilan keputusan pembelian konsumen di Klasik
Coffee & Breakfast, (3) untuk mengetahui faktor-faktor yang dipertimbangkan dalam proses
pengambilan keputusan pembelian konsumen di Klasik Coffee & Breakfast.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif (Eksploratif). Responden pada penelitian
ini adalah konsumen Klasik Coffee & Breakfast. Metode penarikan sampel dengan cara non
probability sampling dengan teknik Accidental/convenience sampling dengan total responden
sebanyak 100 orang dengan perhitungan menggunakan rumus Slovin. Penelitian ini menggunakan
bantuan program SPSS 23 untuk menguji validitas, reliabilitas, analisis deskriptif dan analisis faktor.
Hasil penelitian terdapat enam faktor baru yang yang mempengaruhi keputusan pembelian
konsumen di Klasik Coffee & Breakfast. Faktor-faktor yang terbentuk antara lain pengaruh informasi
dan atribut produk, harga dan fasilitas pedukung, budaya dan daya tarik pribadi, lokasi dan kualitas
pelayanan, promosi dan kapasitas produksi, lingkungan fisik. Faktor yang paling dominan dalam
penelitian ini adalah pengaruh informasi dan atribut produk karena memiliki nilai eigenvalues 5.278
dan menjelaskan 27.777% variasi.
Kata Kunci : Analisis Faktor, Proses Pengambilan Keputusan Pembelian, Klasik Coffee & Breakfast