Abstract:
Raflie aria himwaan 021115455. Analisis Brand Equity Smartphone Apple pada Generasi
Milenial Kota Bogor. Pembimbing : Oktori Kiswati Z. dan Aditya Prima Y.. 2019
Dewasa ini, perkembangan teknologi ponsel cerdas smartphone telah mencapai
kemajuan besar. Sampai-sampai kehadiran smartphone hari ini sudah bisa dibilang sangat
vital sehingga tidak jarang hampir setiap orang selalu membawa smartphone-nya kemanapun
mereka pergi. Salah satu smartphone unggulan yang sangat diminati adalah iPhone, buatan
vendor Apple. Apple sendiri merupakan salah satu persusahaan pemegang market share
smartphone yang besar secara global namun tidak lantas menjadi salah bagian pemilik market
share terbesar pula pada market smartphone negara berkembang termasuk Indonesia, namun
khusus untuk market smartphone Indonesia berdasarkan salah satu peneltian menunjukan
bahwa ada ketertarikan pada generasi Milenial Indonesia terhadap merek smartphone Apple
ini khususnya adalah Kota Bogor
Tujuan penelitian ini mengetahui kesadaran merek smartphone Apple dibenak
generasi milenial Kota Bogor, mengetahui asosiasi merek smartphone Apple dibenak generasi
milenial Kota Bogor, mengetahui persepsi merek smartphone Apple dibenak milenial Kota
Bogor, mengetahui loyalitas merek smartphone Apple dibenak generasi milenial Kota Bogor,
mengetahui brand equity smartphone Apple pada generasi milenial Kota Bogor.
Besaran sample di tentukan mengunakan metode slovin dengan jumlah responden
sebesar 100 orang mahasiswa yang berada pada rentang usia milenial, sample dipilih
menggunakan metode non probability sampling. Metode analisis yang digunakan dalam
penelitian ini adalah analisis deskriftif. Butir pertanyaan di uji menggunakan uji validitas dan
reabilitas.
Berdasarkan hasil penelitian, kesadaran merek smartphone Apple sudah menempati
posisi top of mind, sedangkan persepsi merek smartphone Apple sudah bisa di katakan baik
dengan mayoritas nilai mendapatkan tanggapan responden yang berada pada rentang baik.
Kemudian pada asosiasi merek smartphone Apple sudah dapat membentuk brand image yang
positif. Sedangkan dari loyalitas merek smartphone Apple responden belum berada pada
posisi tertinggi yaitu commited buyer, melainkan masih berada pada posisi switcher.
Kata Kunci : brand equity, kesadaran merek, persepsi merek asosiasi merek, loyalitas
merek