Abstract:
SALMAH FAHIRAH. 021116404. Hubungan Kualitas Produk Dan Harga Dengan Keputusan
Pembelian Smartphone Samsung (studi kasus pada mahasiswa fakultas ekonomi universitas
pakuan). Pembimbing: SRI HARTINI dan ADITYA PRIMA YUDHA. 2020.
Seiring berkembangnya kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, mendorong kemajuan yang
cukup pesat di bidang komunikasi yang menimbulkan persaingan antar perusahaan yang semakin
gencar. Perusahaan itu dituntut untuk terus menghasilkan produk yang berkualitas, sesuai harapan
konsumen, dan memiliki keunggulan bersaing dibandingkan kompetitornya. Akan adanya hal
tersebut membuat orang selalu berkeinginan untuk memiliki smartphone yang memiliki fitur dan
desain terbaru. Smartphone tidak hanya digunakan untuk telepon dan mengirim pesan singkat,
tetapi dapat juga digunakan untuk chatting, membuka e-mail, maupun komunikasi lainnya melalui
internet. Beberapa hal ini tentu menjadi peluang bagi setiap produsen untuk berlomba-lomba
dalam menawarkan produk barunya. Sebagian besar konsumen sangat menyukai produk-produk
smartphone android harga murah, dengan fitur-fitur terbarunya serta kualitas yang baik. Penelitian
ini ditujukan untuk mengetahui hubungan dari kualitas produk dan harga dengan keputusan
pembelian smartphone Samsung. Penelitian ini dilakukan pada mahasiswa Fakultas Ekonomi
Universitas Pakuan sebanyak 100 responden. Sampel dipilih menggunakan metode non
probability sampling dengan teknik pengambilan purposive sampling. Jenis penelitian yang
digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif eksploratif dengan teknik penelitian statistik
kuantitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui kuesioner, media online, buku,
jurnal dan penelitian terdahulu. Data diuji dengan menggunakan SPSS versi 21.0 dengan
menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, analisis deskriptif, analisis korelasi berganda dan
analisis koefisien determinasi.
Hasil penelitian mengungkapkan fakta bahwa variabel kualitas produk dan harga terdapat
hubungan positif dan signifikan dengan keputusan pembelian. Variabel kualitas produk
berhubungan positif dengan keputusan pembelian sebesar 0,726, variabel harga berhubungan
positif dengan keputusan pembelian sebesar 0,684 dan variabel kualitas produk dan harga
berhubungan positif dengan keputusan pembelian sebesar 0,955. Artinya variabel kualitas produk
dan harga mampu menjelaskan variabel keputusan pembelian sebesar 95,50% sedangkan 4,50%
dijelaskan oleh variabel lain. Semakin rendah Kualitas Produk maka semakin rendah keputusan
pembelian smartphone Samsung. Semakin tinggi Harga maka semakin rendah keputusan
pembelian smartphone Samsung.Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa
kualitas produk yang rendah serta harga yang relatif tinggi memiliki hubungan yang positif
terhadap keputusan pembelian smartphone Samsung. Maka dari itu perusahaan disarankan untuk
mengeluarkan smartphone dengan harga yang terjangkau dan juga terus meningkatkan kualitas
produknya agar lebih unggul dari produk smartphone merek lain dan juga agar dapat memenuhi
kebutuhan konsumen.
Kata Kunci : Kualitas Produk, Harga dan Keputusan Pembelian