Abstract:
Golf adalah salah satu olahraga modern yang menjadi gaya hidup khususnya untuk kalangan
menengah ke atas. Kondisi ini menjadi peluang tersendiri bagi para pelaku bisnis jasa golf.
Salah satu perusahaan penyedia jasa layanan golf yang mengambil peluang ini adalah
Rancamaya Golf And Country Club. Rancamaya Golf And Country Club memiliki total hole
yang rendah dibanding pesaing lainnya yaitu 18 hole. Namun Rancamaya Golf And Country
Club memiliki total member yang tinggi yaitu 1500 member. Total member tertinggi urutan
kedua melebihi perusahan golf private di Kota Bogor lainnya yang memiliki total hole di
atas Rancamaya Golf And Country Club. Dengan melihat jumlah member dan kapasitas hole
yang ada, Rancamaya Golf And Country Club harus tetap dapat melayani member yang ada
dengan profesionai. Melayani dengan kualitas maksimal agar tidak terjadi antrian member
dan kepuasan member tetap terjaga. Jika kinerja perusahaan melebihi harapan pelanggan,
maka pelanggan akan merasa puas dan merekomendasikan kepuasan serta pengalaman
baiknya kepada kerabat maupun kolega bisnisnya. Sehingga jumlah pelanggan akan
meningkat dan menguntungkan perusahaan penyedia jasa golf itu sendiri. Untuk mengetahui
lebih dalam dilakukan penelitian di Rancamaya Golf And Country Club.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil analisis antara kualitas pelayanan terhadap
kepuasan member di Rancamaya Golf And Country Club. Jenis penelitian yang digunakan
adalah deskriptif dengan menggunakan data primer dan data sekunder yang diperoleh
melalui wawancara, observasi langsung, dan kuesioner terhadap 300 responden. Metode
penarikan sampel dengan cara accidental sampling. Metode analisis yang digunakan dalam
penelitian ini yaitu analisis kesenjangan atau tingkat kesesuaian dengan membandingkan
tingkat kinerja dan tingkat harapan menggunakan diagram kartesius.
Hasil penelitian menyatakan bahwa tingkat kepuasan member Rancamaya Golf And Country
Club sebesar 102,39%. Berdasarkan ketentuan bahwa untuk mencapai standar kepuasan
member harus mencapai 100%, maka dapat dinyatakan bahwa atribut kualitas pelayanan
Rancamaya Golf And Country Club sudah memenuhi kepuasan membernya dengan sangat
baik. Berdasarkan hasil diagram kartesius, terdapat 25 atribut yang harus dipertahankan
kinerjanya oleh perusahaan atau dengan kata lain seluruh atribut kualitas pelayanan sudah
sangat baik kinerjanya sesuai dengan harapan member.